Gaya Hidup

Keseruan Berburu Takjil di Kampung Madinah Pondok Temboro Magetan

Sabtu, 23 Maret 2024 - 20:18 | 55.38k
Masyarakat saat berburu takjil di Kampung Madinah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)
Masyarakat saat berburu takjil di Kampung Madinah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur sering juga disebut dengan Kampung Madinah menjadi surga untuk ngabuburit bagi masyarakat muslim setempat dan sekitarnya yang melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadan. 

Ketika menginjakkan kaki di sana, terlihat banyak sekali masyarakat maupun satri dari Pondok Temboro Magetan yang menggunakan thobe atau gamis sambil mencari makanan ataupun minuman untuk berbuka.

Kampung-Madinah-2.jpg

Meskipun lalu lintas terlihat padat, hal itu tidak memutuskan semangat mereka untuk berburu takjil. Pasalnya di sana banyak sekali jenis makanan yang dijajakan, mulai dari makanan tradisional seperti jenang-jenangan, juga makanan khas Timur Tengah seperti nasi kebuli dan juga kebab. 

Menurut pengakuan salah satu penjual jajanan takjil, Heni Windayanti, masyarakat maupun penjual sudah mulai memadati Desa Temboro mulai pukul 15.00. sebagian dari mereka ada yang berjalan kaki, juga menaikki kendaran bermotor bersama keluarga ataupun berjalan kaki.

"Kalau saya jualan jenang sudah mulai jam 14.00, dan masyarakat yang mencari takjil biasanya sudah mulai ramai mulai jam 15.00. kalau disini saya jualan berbagai macam jenang, mulai dari jenang Candil, ketan hitam, mutiara dan masih banyak lagi," ujarnya saat ditemui TIMES Indonesia, Sabtu (23/3/2024). 

Bulan Ramadan selalu membawa berkah bagi para penjual di sekitaran Pondok Temboro tersebut. Dari pantauan TIMES Indonesia di lokasi juga banyak penjual takjil yang makanannya habis ludes terjual. 

"Saya sudah buka jajanan jenang ini sejak 2013, dan selama bulan Ramadan itu selalu Ramai, kalau tidak bulan puasa itu sehari biasanya terjual seratus, tapi kalau bulan puasa ini bisa naik sampe 50 persen," tambah Heni. 

Kampung-Madinah-3.jpg

Sementara itu, Reni salah satu warga dari Desa Kembangan, Kecamatan Sukomoro menjelaskan, dirinya sering membeli takjil di Kampung Madinah karena banyak pilihan makanan dan minuman yang bisa dibeli. 

"Tadi saya membeli buah semangka, aneka es, dan gorengan untuk keluarga. Karena tadi kebetulan dirumah tidak masak, jadi saya beli ini buat keluarga dirumah," tuturnya. 

Nah, jika kalian tertarik ingin mencoba berburu takjil saat ngabuburit di Desa Temboro atau Kampung Madinah di Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, jangan lupa untuk membawa kendaraan roda dua saja, karena situasi lalu lintas cukup padat, pun jika membawa kendaraan roda empat bisa mencari tempat terlebih dahulu untuk parkir dan berjalan kaki mencari takjil. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES