Gaya Hidup

Tips LPB MUI Ini Wajib Diterapkan Saat Mudik Lebaran

Sabtu, 06 April 2024 - 12:07 | 20.26k
Ketua LPB MUI Pusat, Prof. Jafar Hafsah. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Ketua LPB MUI Pusat, Prof. Jafar Hafsah. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Lembaga Penanggulangan Bencana Majelis Ulama Indonesia atau LPB MUI Pusat memiliki tips yang wajb untuk diterapkan bagi anda yang akan melakukan perjalanan panjang mudik atau pulang ke kampung halaman pada momen lebaran tahun ini.

Ketua LPB MUI Pusat, Prof. Jafar Hafsah, menekankan pentingnya keselamatan dalam perjalanan mudik. Dalam konteks potensi cuaca buruk yang seringkali melanda perjalanan mudik, terutama saat musim panca roba seperti yang sedang melanda beberapa wilayah di Indonesia, Jafar mengingatkan agar pemudik waspada dan memperhatikan arahan petugas di lapangan.

"Kewaspadaan menjadi kunci utama agar pemudik tetap sehat dan selamat sampai di kampung halaman masing-masing," ujar Jafar, Sabtu (6/4/2024).

Selain itu, Jafar juga memberikan beberapa tips kepada warga yang akan melakukan perjalanan balik dari mudik. Di antaranya adalah berdoa sebelum perjalanan, memeriksa kesehatan penumpang terutama supir, memeriksa kondisi kendaraan secara menyeluruh, dan mematuhi aturan lalu lintas.

"Yang paling utama tetap lakukan kewajiban sebagai muslim menjalankan ibadah shalat wajib," tambah Jafar.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan juga turut memberikan imbauan kepada masyarakat terkait perjalanan mudik.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi telah meluncurkan slogan "Mudik Ceria, Penuh Makna" dalam jumpa pers "Persiapan dan Rencana Operasi Angkutan Lebaran Tahun 2024".

"Kami mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan mudik jarak jauh, mengingat tingginya risiko kecelakaan," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Sebagai alternatif, lanjutnya, masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kemenhub, Kepolisian, BUMN, atau perusahaan swasta baik di jalur darat, kereta api, maupun laut.

Dengan adanya peringatan dan imbauan dari LPB MUI dan Kementerian Perhubungan, diharapkan masyarakat dapat menjaga keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan mudik Lebaran tahun ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES