Gaya Hidup

Tips Aman Hadapi Arus Balik Lebaran 2024

Selasa, 09 April 2024 - 10:39 | 23.53k
Ilustrasi arus mudik Lebaran 2024. (Foto: Dok TIMES Indonesia)
Ilustrasi arus mudik Lebaran 2024. (Foto: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Setelah menikmati waktu penting bersama keluarga pada Lebaran 2024, tiba saatnya untuk kembali bekerja. Setelah aman dan selamat dari mudik Lebaran 2024, tiba saatnya anda menghadapi arus balik Lebaran 2024.

Menghadapi arus balik, sama halnya dengan menghadapi arus mudik. Diperlukan banyak persiapan menjelang arus balik mulai dari fisik, barang bawaan, hingga manajemen waktu.

1.  Tentukan Tanggal Arus Balik
Pertama, anda harus menentukan tanggal kapan anda melakukan arus balik usai Lebaran 2024. Disamping itu, tentukan jenis transportasi apa yang akan anda gunakan, apakah menggunakan kereta api, kapal, mobil, ataupun sepeda motor. Pentingnya menentukan tanggal adalah, anda perlu memastikan ketersediaan tiket kereta api ataupun kapal jauh-jauh hari.

Jika anda memilih jalur darat, silahkan menentukan rute perjalanan arus balik anda.  Kumpulkan berbagai informasi mengenai arus lalu lintas jalan-jalan yang akan anda lalui. Informasi-informasi tersebut penting untuk anda mengantisipasi titik-titik kemacetan dan kapan anda harus beristirahat ketika melakukan perjalanan arus balik Lebaran 2024.  

2. Persiapan Fisik yang Prima
Sebelum melakukan perjalanan arus balik, perhatikan kondisi kesehatan anda. Euforia Lebaran 2024 tentunya berpengaruh terhadap kondisi kesehatan anda. Jika perlu lakukan pemeriksaan kesehatan dan minum suplemen vitamin. Hal ini untuk menekan risiko anda sakit ketika sedang dalam perjalanan arus balik Lebaran 2024. Sehingga, perjalanan arus balik yang anda lakukan dapat berjalan aman dan lancar.

3. Pastikan Keamanan Kendaraan Pribadi
Disamping kesehata fisik, kondisi kendaraan pribadi perlu dilakukan pengecekan. Rem, oli mesin, dan komponen lainnya agar dicek. Jika perlu manfaatkan jasa pelayanan service untuk kendaraan pribadi anda. Hal ini perlu dilakukan agar anda dapat selamat dari perjalanan arus balik anda. Jangan lupa untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan jangan lupa beristirahat.

4. Siapkan Kebutuhan Pokok dan Obat-obatan
Perjalanan arus balik Lebaran tentu membutuhkan waktu yang lama dan panjang. Maka, anda perlu mempersiapkan kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman secukupnya. Hal ini untuk mengantisipasi rasa lapar dan dahaga ketika berkendara sehingga mengganggu konsentrasi perjalanan andan. Disamping itu, jangan lupa mempersiapkan obat-obatan. Hal ini untuk mengantisipasi manakala tubuh anda terjangkit penyakit seperti masuk angin, ataupun mabuk kendaraan.

5.  Manajemen Barang Seperlunya
Barang bawaan anda sebaiknya dibawa seperlunya saja. Hal ini penting agar beban perjalanan anda tidak terganggu. Pastikan barang bawaan dan perbekalan anda cukup tidak berlebihan. Kebanyakan barang bawaan juga dapat mengundang adanya tindak kriminalits. Oleh sebab itu, amankan barang bawaan anda.

6.  Selalu Waspada
Ketika anda bepergian, diharap agar para pemudik arus balik Lebaran 2024 agar selalu waspada. Tingkatkan kewaspaan anda dari berbagai sisi mulai dari sisi keamanan, kenyamanan, dan kesehatan. Waspadai jalan rusak berlubang ketika anda berkendaran. Waspadai orang asing yang mencurigakan. Waspadai kondisi kesehatan fisik anda ketika dalam perjalanan arus balik Lebaran 2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES