Gaya Hidup

Perlengkapan Penting untuk Kendaraan saat Arus Balik Lebaran 2024

Minggu, 14 April 2024 - 19:39 | 45.20k
Ilustrasi - Kendaraan terjebak kemacetan di jalur satu arah atau one way Tol Cikopo-Palimanan, Karawang KM 75, Jawa Barat, Minggu (14/4/2024). (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
Ilustrasi - Kendaraan terjebak kemacetan di jalur satu arah atau one way Tol Cikopo-Palimanan, Karawang KM 75, Jawa Barat, Minggu (14/4/2024). (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hermas E Prabowo, Ketua Umum Persatuan Bengkel Otomotif Indonesia (PBOIN), mengungkap beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan di dalam kendaraan ketika kita menghadapi arus balik Lebaran 2024.

Hermas menekankan pentingnya persiapan alat-alat pendukung seperti dongkrak, kunci roda, dan ban serep. Alat-alat ini memiliki peran yang sangat vital terutama ketika lalu lintas padat selama periode arus balik.

“Kunci roda, dongkrak, dan ban serep sangat diperlukan sebagai antisipasi jika terjadi kebocoran ban selama perjalanan,” ujar Hermas.

Persiapan ini bukan hanya meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengendara dan penumpang, tetapi juga membantu menghadapi situasi darurat yang tak terduga.

Meskipun kita telah memeriksa kendaraan dengan cermat, mobil sewaktu-waktu dapat mengalami masalah teknis, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh. Mempersiapkan perangkat pemeliharaan sederhana, termasuk ban cadangan, akan membantu mengatasi masalah teknis kecil tanpa harus menunggu bantuan.

Selain itu, Hermas menyarankan agar selalu menyediakan air mineral di dalam kendaraan, terutama jika kita akan melakukan perjalanan jauh.

Meskipun sederhana, air mineral memiliki peran krusial dalam kelancaran berkendara. Air mineral membantu mengatasi kekurangan air pada wiper dan bahkan dapat mengatasi kebocoran air radiator.

“Pastikan selalu ada air mineral di dalam kendaraan untuk mengantisipasi kekurangan air pada wiper atau menghadapi kondisi darurat jika terjadi kebocoran air radiator. Hal ini akan membantu mengurangi risiko overheat pada mesin,” jelas Hermas.

Air radiator, yang juga dapat menggunakan air mineral, memiliki fungsi penting dalam sistem pendinginan kendaraan.

Suhu yang terlalu tinggi akibat cuaca ekstrem, kemacetan, dan kinerja mobil yang terus meningkat selama arus balik dapat berdampak pada komponen mesin. Oleh karena itu, persiapan yang baik sangat penting untuk memastikan perjalanan yang aman dan nyaman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES