Gaya Hidup

Penanganan Wajah Gatal dan Bengkak Akibat Alergi Make Up

Minggu, 19 Mei 2024 - 03:44 | 34.52k
Mengaplikasiakan make up ke wajah. (Foto: 123rf)
Mengaplikasiakan make up ke wajah. (Foto: 123rf)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mengalami reaksi alergi pada wajah akibat penggunaan make up bisa menjadi pengalaman yang sangat tidak nyaman. Gejala umum yang sering muncul adalah rasa perih, gatal, dan pembengkakan.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh alergi terhadap salah satu kandungan zat kimia dalam make up. Ada beberapa langkah aman untuk mengatasi alergi terhadap make up ini mengalami kondisi yang lebih menyeramkan. Anda dapt melakukannya sendiri di rumah tanpa harus berobat ke klinik kecantikan.

Dr . Kamila Jaidi, seorang pakar kulit dan kecantikan memeberikan tips mudah berikut melalui laman YouTube-nya @dr.kamilajaidi. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diambil untuk menangani wajah gatal dan bengkak akibat alergi make up.

1. Bilas Secepatnya Sampai Bersih

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah segera membilas wajah hingga bersih. Gunakan air mengalir untuk menghilangkan sisa-sisa make up yang masih menempel pada kulit.

Pastikan untuk menggunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas dari bahan kimia keras yang dapat memperburuk iritasi. pastikan tidak ada lagi sisa-sisa make up yang menempel di wajah.

2. Kompres dengan Es Batu

Setelah membersihkan wajah, langkah berikutnya adalah mengompres kulit yang terkena alergi dengan es batu. Bungkus es batu dengan kain bersih atau handuk tipis, lalu tempelkan pada area wajah yang gatal dan bengkak.

Lakukan setidaknya selama 10 menit. Kompres dingin ini akan membantu menenangkan saraf kulit dan mengurangi pembengkakan serta rasa gatal.

3. Aplikasikan Moisturizer

Setelah kulit terasa lebih tenang, segera aplikasikan moisturizer. Pilih moisturizer yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif dan bebas dari pewangi atau bahan kimia yang dapat memicu alergi.

Moisturizer akan membantu menjaga kelembapan kulit dan mencaga kestabilan kulit serta mengunci hawa dingin tetap terasa di wajah utnuk beberapa waktu. Langkah ini juga ditujukan untuk mencegah iritasi lebih lanjut yang bisa terjadi akibat menggaruk atau menyentuh kulit terlalu lama.

4. Hubungi Dokter Kulit

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas gejala alergi tidak juga mereda, sangat disarankan untuk segera menghubungi dokter kulit. Dokter kulit dapat memberikan penanganan lebih lanjut, seperti obat antihistamin atau krim khusus yang dapat membantu meredakan reaksi alergi.

Mengalami reaksi alergi terhadap make up memang bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan kandungan bahan pada produk make up yang digunakan dan memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Dengan langkah penanganan yang tepat, gejala alergi dapat segera diatasi dan kulit wajah dapat kembali sehat seperti semula. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES