Gaya Hidup

Susah Tidur karena Stres? Atasi dengan Langkah Sederhana Ini

Jumat, 21 Juni 2024 - 00:35 | 35.30k
Ilustrasi - Susah tidur (Foto: alodokter)
Ilustrasi - Susah tidur (Foto: alodokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTAStres karena pekerjaan atau masalah pribadi seringkali mengakibatkan susah tidur atau insomnia.

Kurangnya tidur tidak hanya memperburuk keadaan fisik tetapi juga meningkatkan kadar hormon stres dalam tubuh, mengakibatkan penurunan kesehatan secara keseluruhan.

Untuk mengatasi masalah ini, segeralah mencari solusi yang tepat. Dilansir dari Cosmopolitan, berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatasi sulit tidur.

1. Menghangatkan Tubuh

Jika Anda mengalami kesulitan tidur, cobalah mandi dengan air hangat. Suhu air yang hangat dapat menenangkan pikiran dan meningkatkan suhu tubuh.

Setelah keluar dari kamar mandi, suhu tubuh akan kembali turun, menimbulkan rasa kantuk.

Tambahkan aromaterapi atau gunakan sabun beraroma lavender, vanila, atau chamomile untuk efek menenangkan tambahan.

2. Meditasi

Melakukan meditasi atau gerakan yoga sederhana sebelum tidur sangat bermanfaat karena dapat merelaksasi tubuh dan pikiran.

Caranya, tutup mata dan letakkan tangan kanan di atas perut. Saat menarik napas, rasakan perut mengembang seperti balon yang diisi udara.

Kemudian, buang napas perlahan-lahan dan bayangkan balon tersebut mengempis. Ulangi proses ini sampai detak jantung melambat dan tubuh merasa lebih tenang.

3. Matikan Gadget

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, penting untuk menenangkan otak yang aktif. Salah satu caranya adalah dengan menghentikan penggunaan komputer, televisi, dan smartphone sebelum tidur.

Itulah tiga cara sederhana untuk mengatasi kesulitan tidur akibat stres. Cobalah langkah-langkah di atas agar Anda terhindar dari kurang tidur yang dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES