Glutera News

11 Manfaat Protein Bagi Tubuh

Sabtu, 18 September 2021 - 11:16 | 113.48k
Image: Glutera for TIMES Indonesia.
Image: Glutera for TIMES Indonesia.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sepertiga penduduk Indonesia diperkirakan masih kurang asupan protein. Beberapa data menunjukan bahwa masyarakat Indonesia kekurangan protein. 

Pada usia anak saja, diperkirakan sekitar 37 persen anak Indonesia masih kekurangan asupan protein.

Perlu Anda ketahui, protein sangat dibutuhkan tubuh untuk keberlangsungan sistem di dalam tubuh tetap berjalan dengan baik.

Protein adalah salah satu zat gizi yang memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh. Sama halnya dengan karbohidrat dan lemak, protein juga merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar.

Ketika mengonsumsi makanan yang mengandung protein, maka sistem pencernaan akan memecah protein tersebut menjadi asam amino yang dibutuhkan oleh hampir seluruh bagian tubuh Sebagian asam amino dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, akan tetapi sebagian lainnya hanya bisa didapatkan dari makanan.

Berikut ini manfaat protein:

1. Sebagai Sumber Energi

Selain lemak dan karbohidrat, protein merupakan salah satu sumber energi yang penting bagi tubuh. 

Protein mengandung 4 kalori/gram dan hal ini sama seperti karbohidrat, sedangkan lemak memasok energi lebih banyak, yaitu 9 kalori/gram.

Dalam mengolah makanan untuk menjadi sumber energi, biasanya tubuh menggunakan karbohidrat dan lemak terlebih dahulu.

Sementara protein akan disimpan sebagai cadangan dan digunakan ketika tubuh benar-benar membutuhkan. Misalnya, ketika kamu berpuasa hingga 18-48 jam tanpa asupan makanan.

2. Memperbaiki dan Membangun Jaringan Tubuh

Protein bisa disebut juga sebagai “batu bata” yang berperan besar dalam menyusun hampir semua bagian tubuh.

Misalnya, otot dan tulang, paru-paru, jantung, otak, kulit dan rambut. Tak hanya itu, protein juga bertanggung jawab dalam memelihara dan mengganti jaringan tubuh yang telah rusak.

Dalam kondisi normal, jumlah protein yang digunakan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh akan sama setiap harinya. 

Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan tubuh membutuhkan lebih banyak protein.

Yaitu saat ada pertumbuhan jaringan baru atau saat pemecahan protein terjadi lebih banyak, misalnya pada ibu hamil, menyusui atau pada orang yang sedang sakit.

3. Membentuk Antibodi

Protein membantu membentuk imunoglobulin atau biasa dikenal sebagai antibodi.

Antibodi berperan penting untuk melawan infeksi bakteri dan virus.

Selain itu, antibodi turut membantu dalam mencegah terjadinya penyakit dari bakteri atau virus yang sama di kemudian hari.

Setelah tubuh menghasilkan antibodi terhadap bakteri atau virus tertentu, sel-sel imun dalam tubuh tidak akan pernah lupa cara memproduksinya kembali.

Jadi, jika bakteri atau virus tersebut kembali menyerang tubuh, maka tubuh bisa dengan mudah melawannya dengan cepat.

4. Membentuk Enzim

Enzim merupakan jenis protein yang bisa dijumpai di dalam sel. Enzim bertanggung jawab terhadap banyak sekali reaksi biokimia yang terjadi di dalam tubuh, seperti kontraksi otot, menghancurkan racun dan bahkan mencerna makanan.

Gluera-Coll.jpg

5. Membentuk Hormon

Selain enzim, protein juga membentuk sebagian besar hormon pada tubuh. Hormon memiliki tanggung jawab untuk mengirimkan sinyal dan mengatur proses biologis antara sel, jaringan dan organ.

Misalnya, hormon insulin yang mengirim sinyal dan mengatur proses masuknya gula ke dalam sel tubuh.

6. Menjaga pH Tubuh

Protein berperan dalam mengatur konsentrasi asam dan basa dalam darah dan cairan tubuh lainnya. Keseimbangan antara asam dan basa diukur dengan menggunakan skala pH.

Diperlukan pH yang stabil sebab akan sangat berbahaya jika terdapat perubahan pada pH, bahkan berpotensi kematian. 

Salah satu cara untuk mengatur pH adalah dengan protein. Misalnya hemoglobin, protein yang menyusun sel darah merah. Hemoglobin mengikat sedikit asam dan membantu menjaga nilai pH normal darah.

7. Menyeimbangkan Cairan Tubuh

Manfaat lainnya dari protein adalah mengatur proses tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan. Albumin dan globulin merupakan protein dalam darah yang membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan menarik dan menahan air.

Bila Anda tidak mengkonsumsi cukup protein, kadar albumin dan globulin kamu juga akan menurun. Akibatnya, protein ini tidak bisa menyimpan darah di pembuluh darah dan cairan dipaksa masuk ke dalam ruang diantara sel-sel.

Saat cairan terus menumpuk di ruang antara sel, maka akan terjadi pembengkakan atau edema, terutama di daerah perut.

Hal ini merupakan salah satu bentuk malnutrisi protein parah yang disebut kwashiorkor yang terjadi ketika seseorang mengonsumsi cukup kalori tetapi tidak mengonsumsi cukup protein.

8. Mendistribusikan Nutrisi

Manfaat lainnya dari protein adalah dapat membawa zat ke seluruh aliran darah. Zat yang diangkut oleh protein ini termasuk nutrisi seperti mineral atau vitamin, gula darah, kolesterol dan oksigen.

Sebagai contoh, hemoglobin merupakan protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh.

9. Penyimpan Zat Besi

Selain mendistribusikan nutrisi, protein juga memiliki peran penyimpanan. Ferritin merupakan protein yang menyimpan zat besi.

Protein penyimpanan lainnya adalah kasein yang merupakan protein utama dalam susu untuk mendukung pertumbuhan pada bayi.

10. Menjaga Metabolisme Tubuh

Protein membantu menjaga metabolisme tubuh. Hal ini disebabkan oleh cairan asam basa dalam tubuh yang seimbang, sehingga dapat terciptanya kestabilan pH yang ada pada tubuh manusia.

11. Meningkatkan Massa Otot

Manfaat protein yang terakhir adalah sebagai bahan bakar untuk menjaga dan menambah massa otot. 

Manfaat dari protein ini perlu dijadikan perhatian utama bagi pria.

Pasalnya, seiring bertambahnya usia, pria lebih berisiko tinggi mengalami kehilangan massa otot karena penuaan.

Fungsi protein bagi tubuh sangat penting untuk dijaga agar fungsi tubuh secara keseluruhan bisa berjalan dengan baik pula. Caranya adalah dengan memenuhi asupan protein harian. (*)

Be Everlasting with Glutera 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES