Glutera News

Cara Membangun Massa Otot Agar Massa Lemak Tidak Meningkat Drastis

Rabu, 15 Juni 2022 - 11:19 | 73.21k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menurut penelitian yang dipublikasikan di Harvard Medical School 2018, massa otot akan berkurang sekitar 1% - 2% per tahun setelah usia 25 tahun, yang sering disebut dengan sarcopenia. Saat massa otot berkurang, massa lemak akan naik secara dratis. Massa lemak inilah sumber penyakit mulai bermunculan.

Massa otot yang berkurang juga memperbesar risiko pengeroposan tulang alias osteoporosis, serta penyakit-penyakit berat akibat tumpukan lemak. Untuk mencegah kondisi ini, Anda dapat melakukan latihan otot yang sekaligus juga bisa memperkuat tulang. Itu hanya sedikit alasan mengapa membangun massa otot baik untuk kesehatan tubuh.

Massa otot menunjukkan jumlah otot dalam tubuh yang mencakup tiga komponen berikut.
• Otot rangka: jaringan otot yang membungkus tulang dan berperan penting dalam pergerakan tubuh.
• Otot polos: jaringan otot yang terdapat pada dinding pembuluh darah, lambung, saluran kemih, dan jaringan sejenisnya.
• Otot jantung: jaringan otot yang membentuk dan menjalankan kerja organ jantung.

4 Manfaat membangun massa otot 

Ada beberapa manfaat lain yang akan Anda dapatkan ketika massa otot tetap terjaga seiring bertambahnya usia, seperti:

1. Membuat tubuh dapat tetap aktif di hari tua

Memiliki massa otot yang baik dapat menurunkan risiko Anda sulit bergerak di usia senja karena otot sering kaku.

2. Menurunkan risiko cedera saat berolahraga

Membangun massa otot dapat membuat keseimbangan tubuh menjadi lebih baik dan otot semakin kuat secara keseluruhan sehingga Anda tidak rentan mengalami cedera saat berolahraga.

3. Memperbaiki postur tubuh

Ketika tubuh sudah lebih kuat karena massa otot terjaga, Anda akan terlihat memiliki tubuh yang lebih tegap, sehingga secara tidak langsung juga meningkatkan kepercayaan diri.

4. Membantu menurunkan berat badan

Ini adalah salah satu alasan mengapa membangun massa otot baik untuk kesehatan tubuh ketika Anda sedang diet. Memiliki massa otot yang padat akan membantu meningkatkan metabolisme sehingga lemak yang tersimpan di dalam tubuh juga lebih cepat dan lebih mudah terbakar.

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, ada pula alasan kuat mengapa membangun massa otot baik untuk kesehatan mental. Penelitian klinis menunjukkan bahwa rutin melakukan olahraga penguatan otot juga dapat meringankan gejala depresi.

Selain karena penuaan, kehilangan massa otot atau atrofi otot juga dapat dipengaruhi berbagai faktor, seperti kurang aktivitas fisik, malnutrisi, serta penggunaan alkohol dan obat-obatan. 

Glutera-Coll.jpg

4 Cara membantuk dan membangun otot 

Berikut berbagai cara membentuk otot yang bisa Anda praktikkan.

1. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya protein

Olahraga membuat otot-ototmu pecah. Untuk membangunnya kembali, tubuh memerlukan protein. Semakin keras latihanmu, semakin penting juga peran protein untuk memulihkan tubuhmu.

2. Latih otot-otot terbesar

Jika Anda seorang pemula, maka hampir semua latihan dapat membantu meningkatkan pembentukan protein. Akan tetapi, jika Anda sudah memulai latihan angkat beban sebelumnya maka fokuslah pada kelompok otot-otot besar seperti dada, punggung, dan kaki.

Kemudian, tambahkan beberapa latihan lain seperti squat, deadlift, pull up, bench press, dips, dan bent over rows agar pembentukan otot lebih efektif.

Usahakan untuk memulainya dengan melakukan dua atau tiga sesi latihan selama enam hingga 12 kali dengan waktu istirahat selama 30 hingga 60 detik di antara sesinya.

3. istirahat setelah latihan

Setelah Anda melakukan latihan keras selama seharian, usahakan untuk meluangkan waktu untuk beristirahat keesokan harinya. Penelitian menunjukkan latihan ketahanan tubuh yang cukup keras dapat meningkatkan proses pembentukan protein hingga 48 jam setelah sesi latihan berakhir.

4. Minum suplemen penunjang otot

Fungsi suplemen hanyalah mempercepat dan memaksimalkan proses pembentukan otot, sekaligus memberi tambahan energi untuk mendukung latihan yang lebih berat. Seperti minum Glutera NOX sebelum latihan dan minum Glutera COL setelah latihan

Sekarang Anda sudah diperkaya tips bermanfaat di atas, sekarang saatnya menghantam lantai gym! Pasang sikap terbaik Anda, fokus, bersabar, dan konsisten. Anda akan terlihat luar biasa dan sensasional. (*)

Be everlasting with glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES