Glutera News

8 Penyebab Muka Boros, Kurang Minum Salah Satunya

Selasa, 19 Juli 2022 - 09:05 | 280.48k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rasanya, tidak ada seorang pun yang ingin mendapat julukan “wajah boros”. Karena tandanya wajah Anda terlihat lebih tua dari usia asli Anda. Tak dapat dimungkiri, seiring dengan bertambahnya usia, kesehatan kulit Anda menurun. Mulai dari elastisitas kulit hingga kandungan kolagen yang menunjang kecantikan Anda.

Namun, Anda perlu tahu bahwa ada beberapa hal yang membuat label “wajah boros” menempel pada Anda lebih cepat! Simak beberapa kebiasaan yang membuat Anda memiliki “wajah boros”.

1. Kurang air putih

Apabila kamu kurang minum air putih, maka kulit akan menjadi kering, tampak kusam, dan perlahan garis halus serta kerutan mulai terbentuk.

Untuk itu, sangat disarankan bagi kamu minum air putih yang banyak minimal 3 liter per hari untuk berat badan 100 kg, dan 1,5 liter per hari untuk berat badan 50 kg per hari agar kulitmu terhidrasi. Lagipula, minum air putih bagus untuk membuang racun-racun dalam tubuhmu.

2. Sering makan berlemak

Tanpa disadari, makanan berlemak yang kamu konsumsi setiap hari dapat menurunkan kondisi kulit dan mempengaruhi penampilan, sehingga membuat kamu cepat tampak tua. Selain itu, makanan berlemak mengandung lemak jenuh yang merupakan kolesterol jahat, yang bisa menyumbat lipid darah dalam tubuhmu.

3. Kurang tidur

Kurang tidur tidak hanya membuat kantung mata saja, melainkan juga bisa mempercepat proses penuaan. Oleh sebab itu, kamu harus memenuhi kebutuhan tidur selama 7-8 jam setiap malam untuk kesehatan yang optimal.

4. Jarang olahraga

Apabila kamu jarang olah raga bahkan tidak melakukannya sama sekali, yang terjadi adalah badan akan mudah lelah, dan memperlambat jaringan sel dalam tubuh. Tubuh pun akan kesulitan untuk mengolah makanan yang masuk, sehingga menimbulkan garis halus dan kerutan yang cukup serius.

5. Hobi rebahan

Ketika tubuh jarang digerakkan dan rebahan menjadi rutinitas harianmu, maka dampak yang kamu peroleh adalah berat badan yang naik secara signifikan.

Selain itu, hobi rebahan dapat menyebabkan penumpukan racun di dalam tubuh dan racun tersebut sulit untuk keluar, sehingga membuat kulit tampak tidak sehat dan menua.

6. Stres berlebih

Tidak disarankan untuk kamu mengalami stres berlebih, karena bisa membuat fungsi otak tidak dapat bekerja secara maksimal. Selain itu, bisa membuat kamu mengalami penuaan dari dalam tubuh hingga pada bagian luar seperti kulit.

7. Kekurangn nutrisi

Kekurangan gizi  (malnutrisi) merupakan gangguan kesehatan serius yang  terjadi ketika tubuh tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup. Padahal, nutrisi dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik. 

Malnutrisi bisa terjadi karena tubuh kekurangan gizi dalam jangka waktu yang lama. Tanda tubuh mengalami kekurangan gizi adalah wajah yang terlihat tua dari usianya.

8. Kurang perawatan kulit

Selain pertambahan usia, faktor lingkungan berpengaruh pada perubahan kulit, terutama dampaknya kepada proses alami penuaan kulit. 

Sinar matahari menjadi penyebab utama dari kerusakan kulit karena adanya kandungan sinar ultraviolet dan radikal bebas. Paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan dari matahari pada dasarnya bersifat merusak sebagaimana efeknya dapat merusak kolagen dan elastin. 

Elastin adalah protein di dalam jaringan kulit yang membuatnya terasa lembut dan tampak kenyal. Sehingga kulit wajah harus selalu dirawat, rutin dibersihakan dan dilindungi.

Penuaan memang bagian dari proses alami tubuh, tetapi jangan disamakan dengan penuaan dini. Penuaan dini dapat Anda hindari dan salah satu caranya adalah dengan mengubah kebiasaan buruk. Dengan demikian, kulit sehat dan tampak awet muda pun dapat Anda miliki. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES