Glutera News

11 Manfaat Senam Kegel, Bikin Miss V Rapat Kencang

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 10:54 | 230.95k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Vagina merupakan organ yang sangat penting bagi seorang wanita. Sehingga wanita selalu memperhatikan kondisi vagina. Karena selain berkaitan dengan jalan keluar bayi, organ tersebut juga berhubungan dengan sesksualitas. Tak jarang wanita merasa kalau vagina miliknya longgar dan menganggu keintiman dengan pasangan.

Penyebab vagina longgar 

Vagina merupakan organ tubuh yang elastis. Selagi bisa menjalankan fungsinya, maka kondisinya baik-baik saja. Hal yang memungkinkan wanita merasa vagina longgar adalah melahirkan anak dan bertambahnya usia. Meski begitu, otot-otot vagina yang renggang, akan kembali seperti sediakala.

Berikut ini adalah penjelasan mengapa wanita yang sudah melahirkan atau bertambah usia, merasa vagina longar.

1. Usia

Melansir Healthline, elatisitas vagina mungkin akan berkurang setelah usia 30 tahun. Ini ada hubungannya dengan kadar estrogen yang mulai menurun, mendekati masa menopause di atas usia 40 tahun. Berkurangnya estrogen menyebabkan vagina longgar atau kurang elastis, jaringannya tipis, kering, dan kurang asam.

Secara alamai otot manusia akan mengalami sarcopenia, penurunan massa otot 1% - 3% pertahun sejak usia 25 tahun.

2. Melahirkan anak

Vagina yang berubah setelah melahirkan merupakan hal yang sangat wajar. Pasalnya, otot-otot di vagina merenggang agar bayi bisa keluar. Membuat wanita merasa vagina-nya longgar.

Apa itu senam kegel? 

Meskipun disebut sebagai senam, sebenarnya senam Kegel adalah latihan untuk mengencangkan otot panggul bawah Anda. Senam ini dapat mengencangkan otot panggul bawah, termasuk otot yang menyokong rahim, kantong kemih, dan usus besar.Karena itu, badan dan anggota tubuh Anda yang lain tidak perlu ikut bergerak.
Otot panggul bawah terletak di area panggul (selangkangan), tepatnya yaitu otot yang digunakan untuk mengendalikan laju urine (air kencing).

Awalnya, senam ini dikembangkan oleh seorang spesialis kandungan asal Amerika Serikat, yaitu dr. Arnold Kegel pada tahun 1940-an. Tujuan utamanya saat itu adalah untuk mengatasi masalah inkontinensia urine (gangguan kontrol kandung kemih) pada wanita yang baru saja melahirkan.

Seiring dengan berjalannya waktu, senam ini telah banyak terbukti mampu mengatasi berbagai masalah seputar panggul dan organ intim jika dilakukan secara rutin.  Oleh karena itulah, dokter kandungan atau ahli urologi sering merekomendasikan senam Kegel sebagai perawatan rumah untuk organ reproduksi.

1. Membuat proses kehamilan semakin nyaman dan lancar

Saat hamil, sebagian Bunda hamil akan mengeluhkan tentang kondisi tubuhnya. Ya, Bunda, saat janin mulai membesar, sering kali rasa sakit dan ketidaknyamanan lainnya muncul. Nah, dengan melakukan senam kegel, tentunya hal ini dapat membantu bumil mengatasi hal tersebut.

Ada beberapa masalah kehamilan yang bisa diatasi ketika rutin melakukan senam ini. Dari mulai mengatasi nyeri punggung di bagian bawah, sulit mengendalikan keluarnya tinja, sembelit, sampai rasa nyeri ketika buang air kecil maupun buang air besar.

2. Proses persalinan akan berjalan lebih lancar

Manfaat senam kegel berikutnya yaitu dapat memperlancar proses persalinan atau melahirkan. Hal ini dikarenakan ketika melakukan senam ini secara rutin, tentu saja otot panggul bisa menjadi semakin kuat dan lentur.

Hal ini kemudian dapat membantu untuk membuka jalan lahirnya sang buah hati, dengan begitu persalinan akan berjalan lebih lancar. Bukan hanya itu, ternyata senam kegel juga dapat menjaga posisi rahim supaya tidak turun.

3. Memulihkan vagina setelah proses persalinan normal

Manfaat senam Kegel mempercepat pemulihan vagina setelah episiotomi atau gunting vagina saat melahirkan. Senam ini bisa meningkatkan sirkulasi darah yang lancar ke area vagina. 

Darah yang mengandung oksigen dan berbagai nutrisi sangat diperlukan untuk meregenerasi beragam sel dan jaringan vagina yang mengalami kerusakan akibat episiotomi.  

Peredaran darah yang lancar juga membantu memulihkan wasir akibat melahirkan secara normal atau pervaginam.

4. Membantu mengatasi gejala prolaps organ panggul 

Prolaps organ panggul (POP) adalah kondisi yang menyebabkan turun atau menonjolnya dinding vagina ke dalam atau ke luar vagina.

Mengutip buku terbitan Institute for Quality and Efficiency in Health Care, latihan dasar panggul mengurangi gejala POP ringan hingga sedang, tepatnya pada POP tingkat pertama hingga ketiga. 
Senam Kegel bahkan membantu mencegah organ merosot lebih jauh. Efeknya mungkin sudah bisa terlihat setelah beberapa minggu.

5. Membantu meredakan inkontinensia urine

Inkontinensia urine adalah kondisi yang tidak dapat mengontrol keluarnya urine sehingga bisa keluar tanpa kesadaran Anda.

Mengutip buku terbitan Statpearls Publishing, latihan kegel merupakan terapi yang pertama kali dianjurkan dokter untuk mengurangi urine inkontinensia. 

Latihan kegel terbukti mampu meningkatkan kekuatan otot panggul, kecepatan kontraksi otot panggul, dan daya tahan dasar panggul.

6. Ereksi lebih kuat

Latihan otot panggul bawah ini bisa membantu pria dengan disfungsi ereksi (impotensi) agar bisa mempertahankan ereksinya. 

Senam ini membantu melancarkan peredarah darah menuju penis sehingga ereksi tahan lebih lama. Para ahli meyakini bahwa latihan ini bisa membantu mengendalikan fungsi dan respons seksual Anda lebih baik lagi.

7. Mencegah dan membantu mengatasi ejakulasi dini 

Efek latihan Kegel dalam menangani ejakulasi dini. Latihan Kegel memperkuat otot-otot panggul.  Hal ini akan membantu Anda untuk menunda ejakulasi. Jadi, ereksi pun akan bertahan lebih lama. 

8. Mencegah kencing tidak tuntas

Post-micturition dribble (urine masih menetes setelah buang air kecil) terutama pada pria. Senam ini memang mampu membantu pria mengendalikan keluarnya urine, terutama setelah menjalani operasi prostat.

Selain itu, senam Kegel baik untuk melatih otot-otot yang ada di sekitar prostat sehingga bisa menopang berbagai organ reproduksi pria dengan kuat.

9. Membantu mengatasi ambeien (wasir)

Manfaat berikutnya yang tak kalah penting untuk Bunda ketahui adalah senam kegel ini yang ternyata dapat mengatasi ambeien. Nah, untuk Bunda yang tidak ingin mengalami ambeien, bisa banget nih untuk melakukan senam kegel. Bahkan ambeien ini bisa diatasi, terutama setelah melahirkan melalui vagina. Hal ini lantaran senam kegel dapat melancarkan peredaran darah ke area dubur dan vagina.

10. Melancarkan peredaran darah

Ketika melakukan senem kegel, maka hal ini dapat melancarkan peredaran darah, dengan begitu penis dapat ereksi lebih kuat ketika berhubungan seks. Terlebih lagi sebuah tim ahli yang berasal dari Israel menemukan jika latihan dari otot panggul bawah dapat membantu pria terhadap disfungsiereksi (impotensi) supaya bisa mempertahankan ereksinya. Bahkan para ahli meyakini jika latihan ini dapat membantu mengendalikan fungsi serta respon seksual Bunda akan lebih baik lagi.

11. Merapatkan miss v

Untuk seorang wanita yang telah mengalami proses persalinan, di area Miss V biasanya akan melebar. Nah, salah satu cara yang dilakukan agar dapat mengatasi hal ini yaitu dengan cara melakukan senam kegel.

Hal ini dikarenakan manfaat lain ketika Bunda melakukan senam ini yaitu dapat mengencangkan Miss V anda yang telah mengendur, yang biasanya terjadi menjelang usia menopause.

Cara melakukan senam kegel

Untuk menentukan letak otot dasar panggul, cobalah untuk mengencangkan otot di area selangkangan seolah Anda sedang menahan laju urine ketika buang air kecil.  Otot yang berkontraksi itulah otot dasar panggul Anda.

Jika sudah mengetahui letak otot dasar panggul, simak cara senam Kegel berikut ini.
• Kencangkan otot panggul bawah Anda selama kira-kira 3 detik.
• Selama mengencangkan otot ini, jangan menahan napas atau mengencangkan otot perut, paha, dan pantat.
• Lemaskan kembali otot panggul bawah selama 3 detik.
• Ulangi latihan otot ini hingga 10 kali.
• Untuk hasil yang maksimal, lakukan latihan ini sebanyak 3 kali sehari.

Setelah Anda terbiasa melakukan senam ini, cobalah untuk menahan otot dasar panggul lebih lama lagi.  Mulailah dengan menahan selama 5 detik, sampai Anda bisa menahan selama 10 detik. Berikan jeda yang sesuai, yaitu 5-10 detik. Jangan lupa untuk bernapas seperti biasa selama melakukan senam Kegel wanita.

Tak hanya mudah dilakukan dan bisa dilakukan di mana saja, senam Kegel juga dapat memberikan beragam manfaat. Gerakan dalam senam ini dapat mengencangkan otot panggul bawah, termasuk otot yang menyokong rahim, kantong kemih, dan usus besar. (*)

Be everlasting with glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES