Glutera News

Menjaga Kesehatan Tubuh adalah Bantuk Rasa Syukur

Rabu, 21 Desember 2022 - 11:52 | 180.30k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tuhan Yang Maha Esa memberikan kita banyak karunia dalam kehidupan. Berbagai macam bentuk karunia yang telah Tuhan berikan kepada kita. Salah satunya adalah kesehatan. Karunia yang telah diberikan itu hendaknya selalu kita syukuri dalam kehidupan. 

Ketika jatuh sakit, kebanyakan dari kita mungkin baru menyadari selama ini kurang berupaya menjaga kesehatan tubuh sehingga bisa sampai sakit. Padahal, menjaga kesehatan tubuh penting dilakukan agar kita bisa beraktivitas dengan prima.

Terutama pada usia 30 tahun keatas, menjaga kesehatan tubuh menuntut perhatian dan upaya yang berkali-kali lipat lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Cara menjaga kesehatan tubuh yang tepat pada dasarnya berfokus pada memberikan tubuh dengan apa yang sejatinya dibutuhkan dan menghindarkannya dari hal-hal yang berisiko merusak fungsinya. 

Lantas, bagaimana cara kita menjaga kesehatan sebagai bentuk mensyukuri karunia tersebut?

1. Minum air putih yang cukup

Konsumsi air putih jangan sampai berkurang, untuk berat badan 100 kg butuh 3 liter setiap hari dan berat badan 50 kg butuh 1,5 liter setiap hari.

2. Istirahat yang cukup

Walaupun terdengar sederhana, kurang tidur terbukti bisa menimbulkan dampak yang buruk pada kesehatan. Salah satunya adalah penurunan daya tahan tubuh, sehingga beragam penyakit dapat lebih mudah menyerang. 

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7–8 jam setiap harinya, sedangkan anak-anak memerlukan waktu tidur 10 jam atau lebih.

3. Konsumsi makan bergizi

Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan tanaman herbal, dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. 

Jika di dalam tubuh Anda banyak terdapat radikal bebas, kerja sistem imun bisa terganggu dan Anda jadi lebih mudah terkena penyakit.

4. Konsumsi suplemen

Untuk mencegah penyakit, anda perlu konsumsi suplemen yang dapat memperkuat daya tahan tubuh.
Kandungan vitamin dan mineral dalam suplemen, seperti : Glutathione, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Zinc, Nitric Oxide, Calsium, Omega 3, Vitamin A, Vitamin B, Kolagen. 

Semuanya dapat meningkatkan kinerja sistem imun dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.

5. Hindari atau kelola stres

Stres yang berkepanjangan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Kadar hormon kortisol yang tinggi dapat mengganggu kerja sistem imun dalam melawan infeksi. 

Oleh karena itu, upayakan untuk mengelola stres dengan baik supaya sistem imun Anda tetap terjaga dan kuat melawan infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Stres bisa dikendalikan dengan hal yang sederhana, misalnya dengan tidur cukup setiap harinya. 

Anda juga bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan supaya tubuh dan pikiran Anda rileks, misalnya mengerjakan hobi Anda, atau melakukan meditasi.

6. Olah raga teratur dan berjemu

Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki. Tak hanya di luar rumah, olahraga atau aktivitas fisik juga bisa dilakukan di dalam rumah.

Menerapkan pola hidup sehat merupakan langkah terbaik dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Tubuh yang sehat tanpa kekurangan apapun merupakan salah satu karunia yang Tuhan berikan pada kita. Oleh karena itu cara kita mensyukuri karunia tubuh yang sehat adalah memelihara kesehatan tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES