Glutera News

GSH Gluthatione, Peran Pentingnya pada Penderita Stress dan Kesehatan Prima

Sabtu, 25 Maret 2023 - 16:50 | 70.25k
Image: Glutera for TIMES Indonesia
Image: Glutera for TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu tantangan yang terbesar adalah meyakinkan pasien bahwa dengan tekanan darah tinggi tapi tanpa gejala untuk memberikan pengobatan setiap hari dalam usaha mencegah serangan jantung atau stroke. Permasalahannya oleh kebanyakan orang-orang merasa sehat dan merasakan tidak ada keluhan.

Suatu hal yang sangat sulit meyakinkan orang-orang muda yang terkena diabetes untuk menghindari makanan-makanan junk food, yang pada masa akan datang berkonsekwensi dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal dan kebutaan.

Ahli keuangan agaknya mempunyai kesulitan yang sama  meyakinkan para kliennya yang berusia muda menghambat penghasilannya supaya disimpan sebagian tabungan masa pensiun. Jadi sebenarnya, kesehatan yang buruk dan rasa sakit berperanan penuh sebagai motivator.

Risiko umum terhadap menurunnya kadar gluthatione 

Apakah benar kesehatan beresiko jika kadar GSH dalam tubuh menurun? Jika kita mengurangi keaktifan GSH pada orang-orang muda, apakah ini akan meningkatkan  insidens terjadinya penyakit?

Kelompok peneliti dari Rusia menemukan secara ideal posisi mereka untuk menjawab pertanyaan ini. Mereka menyadari bahwa bagian besar dari populasi telah kehilangan gen untuk enzim GSH minor, glutathione S-transferase SI (GSTMI).

Mereka mengukur populasi untuk gen jenis ini dan selanjutnya kelompok yang besar tersebut menderita kanker paru-paru dan kanker lainnya, sirosis alkoholik, cystic fibrosis, bronkhitis kronik, endometriosis dan penyakit lainnya. 

Telah ditemukan bahwa secara signifikan bahwa bagian terbesar populasi yang tidak sehat telah kehilangan gen ini. Peneliti menyimpulkan bahwa gangguan efektifitas GSH meningkatkan resiko timbulnya penyakit-penyakit multifaktorial. Mereka menunjukan penggunaan cara ini untuk membuka resiko tinggi terjadinya penyakit dengan kombinasi antara lingkungan dan faktor genetik.

Proses penuaan yang normal.

Sedikit keraguan diantara para ahli dan para dokter bahwa kadar glutathione yang baik disamakan dengan kesehatan yang baik.

Kadar GSH pada 4 kelompok populasi :

1.    Sukarelawan muda yang sehat (rata-rata 24 tahun)

2.    Populasi orang-orang tua yang sehat dengan tidak mempunyai kartu perawatan, tidak mendapat pengobatan dan tidak menderita penyakit berat pada lima tahun kebelakang.

3.    Populasi orang-orang tua yang mendapatkan perawatan jalan dengan berbagai penyakit kronik termasuk penyakit jantung,arthritis, diabetes dan hypertensi.

4.    Pasien-pasien tua yang dalam perawatan .
Pada pasien yang kesehatannya buruk (pasien-pasien tua yang dirawat di RS) mempunyai kadar GSH yang sangat rendah dibanding yang muda-muda, kelompok yang sehat mempunyai kadar GSH yang baik. Kadar GSH yang meningkat membantu kita  sehat seiring pertambahan usia.

Glutera-GSHH.jpg

Angka kesakitan dan kematian

Tak jadi masalah berapa lama kita hidup dan seberapa besar perhatian kita terhadap perawatan kesehatan, kita pasti akan berhadapan dengan kematian.

Amat sangat berhubungan antara glutathione dengan kasus yang sering menyebabkan kematian dan laporan penelitian yang mendukung bukti-bukti serius berkembang. 

Hubungan antara GSH dengan beberapa penyebab penyakit sudah jelas. Penyakit-penyakit jantung, stroke dan kanker adalah penyebab utama kematian di Amerika Utara. Sangat disayangkan meskipun penyakit-penyakit ini semuanya menuju pencegahan yang lebih luas, luasnya akibat ini diharapkan meningkat pada dekade berikutnya. Beberapa jenis kanker sendiri diperkirakan meningkat 30%.

Banyak dari penyakit yang mana biasa kita derita dapat dihindari. Termasuk diabetes, bonkhitis, peningkatan kadar kolesterol dan penyakit-penyakit infeksious. Anjuran daripada pengobatan tradisional terhadap kesehatan dengan sengaja bermaksud menghindari masalah ini.

Kami menyarankan untuk berhenti merokok, minum secukupnya, makan makanan yang sehat, olahraga secara teratur. Sekarang kita telah mengetahui bahwa mengapa kadar glutathione adalah sangat penting.

Bukti-bukti scientific terhadap pertumbuhan badan mendorong kearah itu. Para dokter menjadi begitu perhatian terhadap kesehatan  potensial yang luar biasa yang mulai dibagikan kepada pasien lainnya.

Apakah anda menginginkan secara sederhana pengobatan penyakit yang ada atau mencoba menghindari masalah penyakit pada masa yang akan datang, meningkatkan kadar glutation menunjukan kelebihan daripada biasanya dan perdebatan yang seru pada manusia modern. 

Peran GSH sebagai anti oksidant penting bagi tubuh kita, dengan kemampuannya membuang racun tubuh kita, polutans dan sel-sel karsinogen dan secara kritis berperan dalam fungsi sistem imun yang akan menyusun molekul seperti fokus primer pencegahan penyakit dan anti penuaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES