Glutera News

Kenapa Butuh Serat Tinggi saat Puasa?

Senin, 10 April 2023 - 10:12 | 72.69k
Image: Glutera for TIMES Indonesia
Image: Glutera for TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Buah dan sayur memberikan beragam manfaat bagi tubuh, karena banyak mengandung serat dan nutrisi. Saat berpuasa, mengonsumsi buah dan sayur sangat disarankan, karena kaya manfaat yang dapat menunjang berbagai aktivitas selama berpuasa.

Apalagi biasanya perubahan pola makan dan keseharian bisa berubah karena puasa. Air minum yang hanya bisa diminum di waktu-waktu tertentu atau perubahan pola tidur bisa membuat kamu mengalami sembelit dan dehidrasi. Konsumsi buah dan sayur saat puasa bisa membantu mengurangi hal-hal tersebut.

Nah, agar tetap sehat di bulan yang penuh berkah ini, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayur secara rutin. Kedua jenis makanan ini merupakan sumber vitamin, serat, mineral, serta mengandung air yang bisa membantumu terhidrasi dengan baik selama berpuasa.

Bebas dehidrasi hingga kenyang lebih lama 

Tadi sudah disebutkan betapa pentingnya mengonsumsi buah dan sayuran saat puasa. Lantas, apa sajakah sebenarnya manfaat makan buah dan sayur ketika berpuasa?

1. Membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi

Berpuasa dapat membuat tubuh dehidrasi. Mengonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka dapat menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Pasalnya, buah dan sayur memiliki banyak kandungan air.

2. Merasa kenyang lebih lama

Kandungan serat pada buah dan sayur yang tinggi akan bertahan dalam usus yang akan berpengaruh pada stabilitas kondisi perut. Hal ini akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

3. Membantu menjaga kebugaran tubuh

Dengan mengonsumsi buah dan sayur, maka kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral, dan serat akan terpenuhi. Badan pun akan terasa bugar pada siang hari.

4. Menjaga stamina tubuh

Kamu bisa memilih buah dan sayur dengan kandungan air tinggi, sehingga mudah diserap oleh tubuh. Serat dalam sayur dan buah bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam tubuh. Selain itu, serat berfungsi untuk membantu pencernaan tetap bekerja dengan baik.

5. Meningkatkan kesehatan saluran cerna

Selama puasa, sebagian orang mungkin mengalami konstipasi atau sembelit. Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur.

Serat yang terkandung pada buah dan sayur diketahui mampu mengatasi dan mencegah sulit BAB. Hal ini karena serat dapat membantu membuat tinja lebih lembut, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Selain itu, pola makan tinggi serat, termasuk di bulan puasa, juga dapat membantu menurunkan risiko terjadinya hemoroid dan gangguan pada saluran pencernaan.

6. Mengontrol kadar gula darah dan kolesterol

Makanan manis dan gorengan kerap menjadi menu berbuka. Padahal, jika dikonsumsi berlebihan, kedua jenis makanan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan, karena dapat meningkatkan kadar gula dan lemak dalam darah (kolesterol).

Oleh karena itu, penting untuk menyeimbangkan pola makan dengan mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang cukup. Ini karena serat yang terdapat di dalam buah dan sayur bisa membantu menjaga kolesterol dan gula darah tetap dalam kadar yang aman.

Nah, setelah mengetahui informasi di atas, mulai sekarang pastikan buah dan sayur ada di menu sahur dan berbuka, ya. Akan lebih sempurna lagi jika kamu lengkapi dengan makanan tinggi lemak baik, karbohidrat, dan protein, seperti daging. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES