Glutera News

12 Manfaat Citrus Lemon Fruit Extract untuk Kulit

Senin, 20 November 2023 - 20:01 | 47.55k
Ilustrasi (Foto: Gluteranews)
Ilustrasi (Foto: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Buah lemon, buah dengan rasa asam yang kaya vitamin C yang menyehatkan untuk tubuh. Buah ini banyak digunakan untuk minuman segar atau penguat rasa pada beberapa olahan masakan dan kue. Namun, ternyata, manfaat lemon tidak hanya sebatas pada hal tersebut.

Buah satu ini juga dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kecantikan wajah. Inilah mengapa ekstrak buah lemon banyak dipakai dalam berbagai produk pembersih muka, krim yang berfungsi sebagai antipenuaan, sampai peeling kulit  wajah. 

Berbagai manfaat lemon untuk kecantikan wajah 

Berikut ini beberapa manfaat lemon untuk kecantikan wajah yang bisa kamu peroleh, yaitu:

1. Membantu menghilangkan bintik hitam
Asama nitrat yang ada dalam citrus medica limonum fruit extract membantu mengatasi masalah bintik hitam.

2. Membantu mencerahkan dan melembutkan kulit wajah
Vitamin C dan juga asam nitrat yang asa didalamnya membantu mencerahkan dan jug melembutkan kulit wajah kalian. Vitamin C yang sangat kaya akan antioksidan yang sangat bagus untuk menetralkan radikal bebas dan membantu meningkatkan produksi kolagen.

3. Membantu mengatasi masalah komedo di wajah
Sifat antibakteri dan juga antijamur pada citrus medica limonum fruit extract menjadi salah satu alternatif alami sebagai obat jerawat dan juga komedo di wajah kamu.

4. Mengatasi masalah jerawat
Kandungan antioksidan dan juga vitamin C yang ada dalam citrus medica limonum fruit extract dapat membantu menyehatkan kulit wajah dan menangkal kotoran penyebab jerawat secara efektif.

5. Mengurangi minyak pada wajah
Wajah berminyak membuat kamu jadi kurang percaya diri? Coba atasi dengan menggunakan buah lemon. Manfaat lemon ini didapatkan dari asam sitrat yang secara efektif bekerja seperti halnya astringent yang membantu mengurangi produksi minyak yang berlebihan pada wajah. Wajah berminyak ini menjadi salah satu penyebab umum munculnya jerawat.

Jika kamu termasuk dalam kelompok orang dengan wajah berminyak, kamu bisa mencoba meneteskan air perasan buah lemon pada kapas bersih. Lalu, usapkan secara perlahan pada wajah setelah kamu mencuci muka untuk membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah. 

6. Membantu memperlambat tanda penuaan
Kenali berbagai tanda penuaan dini, seperti flek hitam, kulit wajah tampak mengendur dan kehilangan elastisitasnya, dan kerutan pada area sekitar mata. Salah satu cara memperlambat munculnya tanda tersebut secara alami dengan menggunakan buah lemon. Manfaat lemon untuk kecantikan wajah ini karena kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan terbaik. 

7. Membasmi sel kulit mati
Salah satu masalah yang bisa terjadi akibat menumpuknya sel kulit mati adalah penyumbatan pori-pori. Dalam jangka panjang, hal ini dapat mengakibatkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo, dsb. Agar hal itu tak terjadi, sel kulit mati tersebut bisa dihilangkan dengan memanfaatkan jeruk lemon. Sebab, kandungan asam sitrat dalam jeruk lemon bermanfaat sebagai media eksfoliasi alami yang ampuh mengangkat sel kulit mati.

8. Mengatasi masalah pigmentasi kulit
Diskolorasi atau proses perubahan warna pada kulit dapat diatasi dengan memanfaatkan buah lemon. Sebab, kandungan pemutih alami dalam lemon dapat membantu meratakan warna kulit dan mengatasi masalah diskolorasi atau pigmentasi. Untuk meratakan warna kulit, Anda hanya perlu mengaplikasikan ekstrak lemon yang telah dicampur air pada bagian-bagian kulit yang warnanya tidak rata.

9. Sebagai antibakteri
Seperti diketahui, kulit merupakan bagian terluar tubuh yang rentan terkontaminasi debu, kotoran, dan polusi. Itu sebabnya, kuman dan bakteri juga sangat mudah menempel pada kulit. Dalam hal ini, lemon mengandung unsur polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan dan antibakteri. Dengan kandungan polifenol yang dimiliki lemon, kulit Anda dapat terhindar dari bakteri jahat seperti Bacillus subtilis, Salmonella typhi, E. coli, dan Klebsiella pneumonia. Lemon juga dapat meningkatkan produksi keringat sehingga dapat membantu proses penyembuhan saat Anda demam atau terkena influenza.

10. Menyembuhkan kulit gatal
Gatal gatal pada kulit bisa disebabkan oleh dua masalah, yakni karena kondisi kulit kering dan gatal akibat jerawat. Salah satu manfaat lemon untuk kulit adalah untuk menghilangkan rasa gatal tersebut. Masalah gatal bisa diatasi dengan menggunakan ekstrak lemon yang dicampur dengan air. Sensasi segar yang dimiliki lemon, berkombinasi dengan kandungan zat tertentu, cukup efektif untuk menghilangkan rasa gatal yang muncul.

11. Mengurangi bau badan
Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat dalam jeruk lemon dapat membantu mengatasi bau badan berlebih. Manfaat jeruk lemon untuk mencegah bau badan atau mengurangi bau badan tersebut bisa didapat baik itu dengan memanfaatkan lemon itu sendiri maupun mengombinasikannya dengan bahan-bahan lain seperti garam, baking soda, dsb. 

12. Menjaga Keseimbangan pH
Walaupun termasuk ke dalam buah dengan tingkat keasaman tinggi, lemon ternyata memiliki manfaat untuk menjaga pH tubuh agar tetap seimbang. Hanya dengan meminum air perasan jeruk lemon secara rutin, keseimbangan pH tubuh dan kulit Anda dapat terjaga. Dalam hal ini, lemon bermanfaat menetralkan pH tubuh dengan mengurangi tingkat keasamannya dan mengubahnya menjadi alkalin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES