Indonesia Positif

Sekda Bantul Helmi Jamharis Ditunjuk sebagai Ketua Sekber Kartamantul Periode 2019-2022

Minggu, 19 Januari 2020 - 21:52 | 89.50k
Serah terima ketua sekber Kartamantul dari Sekda Sleman Sumadi, SH kepada Sekda Bantul, Drs. Helmi Jamharis. (FOTO: Dok. Helmi Jamharis/TIMES Indonesia)
Serah terima ketua sekber Kartamantul dari Sekda Sleman Sumadi, SH kepada Sekda Bantul, Drs. Helmi Jamharis. (FOTO: Dok. Helmi Jamharis/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Melalui mekanisme musyawarah rapat tim pengarah Sekretariat Bersama Kota Yogyakarta, Sleman dan Bantul (Sekber Kartamantul) pada September 2019 disepakati bahwa kepengurusan periode 2017-2019 telah berakhir. Sehingga, diperlukan pengurus baru. Kepengurusan yang sebelumnya diampu oleh Pemkab Sleman maka berikutnya ditetapkan Pemkab Bantul sebagai pengurus periode 2019-2022. Kepengurusan baru dengan Ketua Sekretaris Daerah Helmi Jamharis dan Sekretaris Kepala Bappeda Isa Budi Hartomo MT.

Penandatanganan serah terima dilakukan dari pejabat lama, Sekda Sleman Sumadi, SH kepada Sekda Bantul, Drs Helmi Jamharis di Bappeda DIY yang disaksikan oleh seluruh pengurus dan anggota Kartamantul, Jumat (17/1/2020).

Sekber-Kartamantul-2.jpg

Kartamantul ini merupakan kerja sama antar wilayah yang terdiri dari Pemerintah Kota Yogyakarta, Pemerintah Kabupaten Sleman dan Pemerintah Kabupaten Bantul yang mengurusi sebagian permasalaha yang terjadi dan terkait dengan ke tiga wilayah tersebut. Setidaknya ada 6 (enam) ruang lingkup yang menjadi konsentrasi yaitu persampahan, air limbah, drainase, jalan, transportasi dan air bersih.

"Persoalan inilah yang selalu menjadi pekerjaan rumah bersama yang harus diminimalisir akibatnya karena ke 6 hal tersebut merupakan dampak dari pertumbuhan penduduk dan perkembangan kota yang terus berjalan," jelas Helmi.

Selama periode 2017-2019 telah banyak disusun kesepakatan bersama (KSB) dan perjanjian kerja sama (PKS) untuk kelancaran penyelesaian permasalahan. Diantaranya, PKS Addendum pengelolaan dan pengembangan IPAL, KSB SPAM regional Kartamantul, PKS pengembangan SPAM regional Kartamantul, PKS pemanfaatan SPAM regional Kartamantul, PKS pengelolaan sampah regional dan PKS penyelenggaraan pengelolaan jalan.

Sekber-Kartamantul-3.jpg

Ketua Sekber sebelumnya, Sumadi SH dalam sambutannya mengatakan bahwa keberadaan sekber ini banyak memiliki manfaat untuk masyarakat karena persoalan yang muncul di perbatasan atau antar wilayah dapat diselesaikan melalui forum ini, sehingga keberadaan kartamantul ini harus dijaga keberlangsungannya.

Sementara itu sebagai penerus kepengurusan, Helmi mohon doa restu, dukungan dan masukan dari seluruh anggota agar sekber ini memiliki eksistensi yang mampu menjadi mitra dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di DIY.

"Sebagai lembaga mitra pemerintah DIY tentunya hasil rumusan atau usulan program dari Sekber Kartamantul kepada pemerintah DIY dapat aplikatif dan bermanfaat bagi masyarakat," jelas Sekda Bantul Helmi Jamharis. Semoga Sekber Kartamantul tetap menjalankan tugas sesuai dengan porsi dan kewenangannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-12 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES