Indonesia Positif

Masa Tanggap Covid-19, FKIP UMBY Gunakan Game sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Matematika

Sabtu, 18 April 2020 - 17:33 | 154.46k
Dosen Pendidikan Matematika FKIP UMBY, Melania Eva Wulanningtyas M.Pd, (FOTO: Humas UMBY for TIMES Indonesia)
Dosen Pendidikan Matematika FKIP UMBY, Melania Eva Wulanningtyas M.Pd, (FOTO: Humas UMBY for TIMES Indonesia)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Sudah sebulan ini kegiatan pembelajaran diseluruh sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia belum dilakukan secara tatap muka. Termasuk, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Sesuai anjuran pemerintah, UMBY menggelar pembelajaran secara online atau e-learning. Kegiatan e-learning ini untuk mendukung kebijakan kesiapsiagaan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Nah, untuk menyukseskan pembelajaran e-learning, ada sejumlah persiapan seperti  yang dilakukan Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMBY. Yakni, menyiapkan media pembelajaran yang dapat diakses secara digital oleh mahasiswa.

Advertisement

Dosen Pendidikan Matematika FKIP UMBY, Melania Eva Wulanningtyas, M.Pd menerangkan, pada mata kuliah Multimedia Pembelajaran, seorang dosen harus dapat berperan aktif mengimplementasikan hasil pembelajaran yang biasanya disampaikan di kelas untuk dapat dishare langsung kepada mahasiswa. Imbasnya, aplikasi-aplikasi penunjang kegiatan pembelajaran bermunculan. Salah satu dengan aplikasi berbasis android yang dapat dibuat adalah “math challenge”.

“Aplikasi ini menawarkan permainan yang dapat diakses oleh pengguna android. Permainan ini memperkenalkan budaya yang dikombinasikan dengan ilmu Matematika. Cabang ilmu yang menggabungkan antara budaya dan matematika dinamakan ethnomatematika,” kata Eva dalam siaran pers tertulis yang dikirimkan Humas UMBY kepada TIMES Indonesia, Sabtu (18/4/2020).

Menurutnya, permainan ini memperkenalkan ethnomatematika yang ada di Museum Kereta Api Yogyakarta. Hal ini dilakukan karena konsentrasi mata kuliah yang ditawarkan oleh Pendidikan Matematika FKIP-UMBY adalah Multimedia dan Ethnomatematika. Selain itu untuk menjembatani ketersediaan smartphone yang dimiliki mahasiswa, dibuat pula aplikasi “Math jungle”.

“Permainan ini dijalankan melalui personal computer/PC untuk dapat langsung diakses atau dimainkan oleh para pengguna,” ungkapnya.

Nah, bagaimana dengan mata kuliah lain? Menurutnya, pada mata kuliah yang membutuhkan media pembelajaran, dosen dan juga mahasiswa dapat memanfaatkan adanya website dengan nama “Geogebra”. Melalui website ini Dosen dan mahasiswa, terutama mahasiswa yang hendak mempersiapkan penelitian skripsi dan harus dilaksanakan secara online dapat membuat lembar kerja secara digital.

“Harapanyna, pengguna website ini dapat memainkan animasi, me-recheck kembali jawaban, menambahkan elemen yang dibutuhkan, mensupport kegiatan pembelajaran pada masa tanggap Covid-19 dan juga sebagai bahan pengembangan produk multimedia,” jelas Eva, dosen Pendidikan Matematika FKIP UMBY ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : AJP-12 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES