Indonesia Positif

KKN, Mahasiswa Undip Sosialisasikan Pembukuan Digital

Kamis, 04 Februari 2021 - 15:55 | 28.01k
Suasana pelatihan pembukuan keuangan digital di Pedalangan, Semarang, Kamis (4/2/2021). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Suasana pelatihan pembukuan keuangan digital di Pedalangan, Semarang, Kamis (4/2/2021). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SEMARANG – Masa pendemi Covid-19 ini membuat semua aspek kehiduan berubah, salah satunya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus mengarahkan ke digitalisasi pemasaran tak terkecuali pembukuan keuangannya.

“Untuk pemasaran digital kebanyakan UMKM di Semarang sudah mulai melakukannya, maka saya melakukan pendampingan pembukuan keuangan secara digital. Karena pembukuan keuangan sangat penting untuk mengatur keuangan usaha dan mengukur perkembangan usaha,” ungkap Indah Nur Anisa, mahasiswa KKN Undip di Semarang, Kamis (4/2/2021).

Indah melakukan sosialisasi pembukuan digital dengan menggunakan aplikasi SIAPIK dan Buku Kas yang dapat diunduh dan digunakan pada playstore.

Indah menilai aplikasi SIAPIK merupakan solusi dari pelaku UMKM yang memerlukan catatan keuangan yang lengkap dan memadai dalam menjalankan usahanya. Aplikasi SIAPIK ini merupakan rekomendasi yang didesain dengan rinci dan detail oleh Bank Indonesia untuk pencatatan keuangan usaha. “Terlebih ketika berada dimasa pandemi yang penuh ketidakpastian dalam pemasukan dan pengeluaran, tentunya pencatatan uang tepat dan sesuai akan membantu jalannya usaha menjadi lebih efisien dan termonitor dengan jelas,” katanya.

Sedangkan untuk aplikasi Buku Kas lebih sederhana sehingga lebih cocok untuk orang yang baru mengenal pembukuan itu sendiri. “Buku Kas ini tidak terlalu rumit dalam pengoperasiannya, hanya berisi keuangan keluar dan masuk, dan kemudian dapat dilihat saldo keuangan,” ungkapnya.

 Selain pelatihan pengoperasian aplikasi pembukuan juga melakukan kunjungan pada tempat usaha, serta melakukan konsultasi pengelolaan keuangan UMKM di Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Semarang. “Harapan saya UMKM tetap bertahan dalam situasi pendemi Covid-19 ini,” ujarnya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES