Prodi Matematika UMBY Bantu Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Daring

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Pandemi Covid-19 di Indonesia masih berdampak pada proses belajar mengajar. Hingga kini, pelajar dan mahasiswa masih belum melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka pada semester genap yang sudah berakhir ini seperti yang dialami para pelajar SMA Xaverius 3 Palembang. Nah, sebagai bentuk keprihatinan tersebut, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) ikut membantu para guru dan siswa.
Dosen UMBY dengan tangan terbuka hadir untuk membantu guru dan siswa sekolah tersebut dalam menuntaskan kegiatan pembelajaran daring pada akhir semester ini. Agar para siswa tidak bosan, kegiatan pembelajaran secara daring tersebut diselingi video-video pembelajaran serta aplikasi pembelajaran Matematika. Tujuannya untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran Matematika.
Advertisement
“Siswa merasa lebih terbantu dan antusias dalam kegiatan pembelajaran daring kali ini. Kami berharap inovasi yang dilakukan dapat membantu tidak hanya pada bidang materi tertentu tetapi juga pada semua materi Matematika,” kata Anastasia Sintia Anggraini S.Pd, Guru Matematika SMA Xaverius 3 Palembang
Selain itu, kegiatan pembelajaran selama masa pandemi ini tidak dilakukan secara full time 3x45 menit. Tetapi, pembelajaran dibatasi maksimal 2 jam atau 120 menit karena dihadapkan pada ketersediaan kuota dan juga mencegah kejenuhan.
Tidak sedikit guru yang mengeluhkan betapa susahnya mengajarkan Matematika terlebih untuk materi-materi yang berat.
“Melalui video pembelajaran dan juga bantuan aplikasi, kami merasa lebih mudah belajar dan merasa lebih tertarik belajar matematika,” kata Melvin, Ketua salah satu kelompok dalam kelas ini.
Eric Jonathan, Siswa Kelas XI IPS 2, menambahkan sebagai siswa jurusan IPS dirinya tidak begitu suka dengan pelajaran Matematika.
“Belajar Matematika di kelas saja belum tentu paham, terlebih lagi online, dengan adanya video pembelajaran yang interaktif dan bantuan aplikasi serta software ini membuat variasi dalam pembelajaran Matematika sehingga memudahkan kami memahami Matematika,” ungkap Eric
Dosen Pendidikan Matematika UMBY, Melania Eva Wulanningtyas S.Pd. M.Pd berharap, semoga kegiatan pembelajaran yang inovatif ini dapat berdampak positif bagi guru dan juga oleh siswa.
“Keterbatasan kegiatan pembelajaran diharapkan tidak menjadi penghalang bagi guru dan siswa untuk tetap dapat belajar dan mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif sehinngga rasa cinta terhadap Matematika tidak akan pudar,” papar Melania, dosen Pendidikan Matematika UMBY yang dibantu oleh Sevina Indriani sebagai asisten dosen dalam melaksanakan program ini kepada para pelajar SMA Xaverius 3 Palembang. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Amar Riyadi |
Publisher | : Rochmat Shobirin |