Indonesia Positif

CEO PT Xynexis Internasional: Keamanan Data Penting untuk Kesuksesan Transformasi Digital

Sabtu, 17 Desember 2022 - 09:19 | 68.71k
CEO PT Xynexis Internasional, Eva Noor. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
CEO PT Xynexis Internasional, Eva Noor. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebocoran akan data di sebuah perusahaan masih banyak disebabkan oleh faktor human error (kesalahan SDM), karena kurangnya kesadaran (awareness) dan pemahaman yang mendalam serta menyeluruh pentingnya sebuah keamanan data di satu perusahaan. Untuk mendukung percepatan transformasi digital membutuhkan dukungan keamanan data penting.

“Kenapa bisa terjadi kebocoran, karena diperusahaan tersebut tidak menjalankan prosedur keamanan data dan informasi yang komfrehensif dan menyeluruh dalam menjalankan keamanan data disatu perusahaan dan banyaknya elemen yang harus dijalankan,” kata CEO PT Xynexis Internasional, Eva Noor dalam keterangan resminya dikutip Sabtu (17/12/2022)

Dalam sepuluh tahun belakangan yang cukup besar mempengaruhi bocornya data adalah karena kesalahan manusia atau SDM (Human Error) yang akhirnya mempunyai celah adanya tindakan kejahatan didunia siber (cybercrime).

Perusahaan yang sering mengalami kebocoran data umumnya ada pada perusahaan yang bergerak dibisnis finansial, provider dan bisnis strategis lainnya yang fokus pada pelayanan umum (public service).

“Di Indonesia, bila ada kebocoran data disatu perusahaan masih sedikit yang mau melapor. Harusnya dengan adanya UU PDP setiap ada insiden kebocoran data harus segera dilaporkan seperti yang sering terjadi diluar negeri. Karena pelanggaran data pribadi dapat menimbulkan konsekuensi reputasi dan finansial yang signifikan, pelanggaran data pribadi perlu dikelola dengan hati-hati. Jangan menunggu terjadinya pelanggaran data pribadi. Harus mulai melakukan Langkah perbaikan segera” ujar Eva.

Menurut Eva, tidak ada yang 100 persen aman, diluar negeri sekalipun urusan kebocoran data sering kali terjadi, bedanya mereka tahu apa yang harus dilakukan dan cepat mengambil tindakan untuk penangannnya. Dengan perusahaan menerapkan standar data keamanan dan proteksi yang baik, itu memperkecil resiko kebocoran. 

"Xynexis selama ini berfokus pada soal membangun keamanan informasi, data dan siber. Hampir dua dekade, kami telah berkomitmen untuk membantu industri dalam membangun dan menjalankan siber sekuriti program untuk memastikan bahwa organisasi dan industri di Indonesia bisa lebih aman" ungkap Eva.

Xynexis International baru saja meluncurkan layanan baru yaitu Data Protection dan Data Privacy Practice yang mencakup data protection as services dan DPO as services.

Data Protection dan Data Privacy Practice dari Xynexis dapat membantu organisasi dalam penerapan keamanan data dan privasi data dan serta mematuhi peraturan yang ada saati ni. Karena seperti kita tahu lanskap ancaman yang semakin kompleks dan berkembang. 

Xynexis memulai menjual service dan data proteksi sejak tahun 2017, berpartner dengan perusahaan luar yang berpengalaman dalam penerapan aturan GDPR. Di eropa sendiri GDPR ada sejak tahun 2016. Melihat peluang kebutuhan akan hal itu maka tahun 2017 Xynexis cobam endalami services ini.

Dari tahun 2017 Xynexis sudah mulai penetrasi, sosialisasi dan mengedukasi pentingnya data privasi dan data proteksi. “Perusahaan di Indonesia umumnya bila tidak ada urgensinya kebutuhan implementasi data proteksi yang diharuskan maka banyak yang melakukannya tidak maksimal,” ujar Eva.

Setelah UU PDP disahkan pemerintah, barulah kebutuhan akan data proteksi mulai banyak diminati perusahaan-perusahaan. Atas kebutuhan hal tersebut maka Xynexis me-launching produk layanan tersebut dengan tujuan membantu perusahaan pada masalah keamanan data dan data perusahaannya serta bisa comply pada aturan-aturan perlindungan data di Indonesia yang telah ada,maupun negara lain.

Penghargaan Top Digital

Setelah melalui serangkaian proses penjurian yang memakan waktu sekitar 3 bulan, para peraih bintang penghargaan Top Digital Awards 2022 akhirnya diumumkan secara langsung pada Puncak Acara Penghargaan Top Digital Awards 2022 yang berlangsung, Kamis (15/12/2022) di Raffles Hotel, Jakarta. 

Ajang penghargaan tahunan bidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dan Solusi Digital terbesar tingkat nasional yang dihelat ItWorks bekerja sama dengan sejumlah asosiasi teknologi informasi dan telekomunikasi Indonesia. 

Acara juga dihadiri sejumlah pimpinan kementerian, lembaga/badan, wali kota, gubernur, serta IT manager atau Chief Technology Officer (CTO) / Chief Information Officer (CIO) dari berbagai perusahaan, organisasi dan institusi untuk menerima langsung penghargaan ini. The Strategic Impact of Digital Transformation in Business and Government adalah tema yang di angkat tahun ini.

Diharapkan para peraih penghargaan telah mampu membuktikan bahwa inovasi, kreatifitas dan terobosan digital yang dilakukan, baik oleh perusahaan, institusi, lembaga atau pun organisasi telah berdampak signifikan, baik di internal perusahaan maupun hubungan eksternal, termasuk dengan mitra bisnis atau pelanggan (masyarakat). Untuk keempat kalinya pada tahun ini, PT Xynexis International mendapatkan dua penghargaan sekaligus, yaitu Top Digital Security Indonesia  dan Top Leader.

Dalam kesempatan tersebut, CEO PT Xynexis Internasional, Eva Noor menyampaikan apresiasinya kepada IT Works yang telah memilih Xynexis dan dirinya menjadi salah satu nominator peraih awards. Dua penghargaan yang diterimanya diyakini Eva akan menjadi inspirasi untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya. Eva mengaku selalu ada hal menarik pada penyelenggaraan awards tahun ini, dimana proses penjuriannya cukup ketat dan panjang serta banyak hal-hal baru yang dirasakan.

“Event tahun ini ada sesuatu yang berbeda dan cukup menarik dari sisi penjurian sehingga banyak pembelajaran yang dipetik,” ungkapnya.

Ketika masuk pada tahap penjurian, Eva cukup kaget karena banyak hal baru ditemui dalam proses penjurian yang berbeda, begitu juga di Xynexis dari sisi perusahaan tahun ini juga banyak hal-hal baru dilakukan. “Saya tidak bisa bilang mendapat awards empat kali berturut turut menjadikan Xynexis nyaman," katanya.

"Semakin sering mendapat awards justru menjadikan Xynexis harus menjadi lebih baik lagi, minimal bisa menjaga dan mempertahankan kualitas brand yang sudah ada,” jelas Eva.

Untuk awards Top Leader ada beberapa kategori yang dilihat oleh para dewan juri. Eva mengaku sebisa mungkin mejadi pribadi yang cukup otentik atau apa adanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Haris Supriyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES