Indonesia Positif Universitas Islam Malang

UKM Gerakan Pramuka Unisma Malang Lahirkan Tunas Muda Baru Melalui Orientasi Pramuka Pandega

Sabtu, 18 Maret 2023 - 10:14 | 44.64k
Kegiatan OPP Ruangan UKM Gerakan Pramuka Unisma Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kegiatan OPP Ruangan UKM Gerakan Pramuka Unisma Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Unit Kreativitas Gerakan Pramuka Unisma Malang atau yang biasa disebut dengan Racana Islam Unisma kembali sukses menggelar kegiatan Orientasi Pramuka Pandega (OPP) ke- 33.

Kegiatan ini terdiri dari dua tahapan yaitu kegiatan ruangan dan kegiatan lapangan. Kegiatan OPP Lapangan berbeda dengan kegiatan OPP Ruangan, dari segi tempat pelaksanaan OPP Ruangan dilaksanakan secara tertutup di ruangan sedangkan OPP Lapangan dilaksanakan di tempat terbuka seperti alam bebas.

Kegiatan ini juga merupakan kegiatan wajib anggota baru UKM Gerakan Pramuka sebagai bentuk orientasi penempuhan dari Calon Tamu Racana menjadi Tamu Racana. OPP Ke-32 ini mengusung tema “Optimalisasi Generasi Racana Islam Unisma Yang Penuh Solidaritas, Berkepribadian Tangguh, Dan Cerdas”.

Dari tema tersebut, diharapkan para tunas-tunas muda atau para calon tamu racana dapat bertumbuh, berkembang, memiliki kepribadian yang tangguh serta memiliki solidaritas tinggi bersama racana islam unisma sehingga tercipta tunas muda yang berkualitas berlandaskan tri satya dan dasa dharma.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Seperti yang telah dijelaskan di atas, OPP Ruangan dilaksanakan di Gedung Al-Asy’ari Universitas Islam Malang pada tanggal 24 - 25 Februari 2023 dan OPP Lapangan diselenggarkan di alam terbuka dan pada tahun ini dilaksanakan di Coban Talun, Batu pada tanggal 3 - 5 Maret 2023.

OPP Ruangan merupakan kegiatan pembekalan materi kepada seluruh calon tamu racana sebagai bekal untuk OPP Lapangan. Sehingga pada pelaksanaan OPP Lapangan, seluruh calon tamu racana mempunyai bekal dan mengimplementasikan yang didapatkan pada saat OPP Ruangan.

Kegiatan ini juga melibatkan seluruh keluarga besar racana islam unisma dimulai dari calon anggota, anggota, dewan, dan tidak lupa alumni racana yang berkesempatan hadir dan turut serta menjadi pemateri pada kegiatan ini. Tidak hanya penyampaian materi, calon tamu racana islam unisma juga melakukan bakti sosial (BAKSOS) di sekitar area perkemahan.

Hal ini mengingatkan para calon anggota baru agar tetap berbakti, dan dapat menjadi manfaat bagi lingkungan sekitar juga sesuai dengan Sandi Racana Islam UNISMA yaitu Kasih Sayang Sesama, Kapan Dan Bagaimanapun. Dengan Jiwa Luhur Yang Ada Di Racana, Insan Kamil Yang Taat Kepada Tuhan. Tegak Tubuhnya Teguh Imannya.

Di samping itu, terdapat berbagai macam permainan yang seru di sela-sela kegiatan, hal ini ditujukan untuk menghibur peserta juga untuk melatih kekompakan dan mengeratkan tali kekeluargaan.  Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para tunas-tunas muda dapat menjadi tunas yang bermanfaat baik untuk diri sendiri ataupun lingkungan sekitar. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Azis Mawardi, Humas UKM Gerakan Pramuka Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES