Syafira Devani Putri, Sosok Inspiratif Dibalik Suksesnya Medsos @kulinersby dan Bantu Pelaku UMKM Kuliner

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Food vloggerIndonesia asal Sidoarjo, Syafira Devani Putri, mempunyai mimpi mengenalkan kuliner Indonesia kepada Dunia Internasional. Tak hanya itu Syafira Devani juga ingin terus membantu UMKM kuliner lokal agar naik kelas dan lebih dikenal masyarakat
Kepada TIMES Indonesia, Syafira Devani Putri menceritakan awal mula dirinya serius menjadi Food Vlogger di Instagram @kulinersby. Semua berawal dari hobi mencicipi ragam kuliner nusantara dan membuat ulasan, isteri dari Rio Gahari, CEO PT Armada Gahari Putera, mulai konsisten membuat konten, lalu mengunggahnya di media sosial Instagram yang dia kelola itu.
Advertisement
Melalui akun @kulinersby, ia perlahan-lahan mengenalkan dan mengekspose beragam kuliner di Jawa Timur, khususnya Surabaya dan sekitarnya.
"Saat itu saya masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun 2014, umur saya masih 15 tahun. Saya membuat akun Instagram yang saya beri nama @kulinersby," kata Syafira kepada TIMES Indonesia, Sabtu (8/7/2023).
Syafira melanjutkan, jika perjalanannya mendirikan akun media sosial (medsos) yang khusus mengulas kuliner tidaklah mudah. Namun hal itu yang membuat motivasi Devani untuk terus tanpa lelah mengenalkan kuliner Jawa Timur melalui Instagram @kulinersby.
Meski akhirnya banyak kesibukan membuat konten video kuliner, Devani tetap memprioritaskan keluarga tercintanya. Tak hanya Devani juga melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana dan terdaftar sebagai mahasiswi Magister Manajemen di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.
“Tidak mudah bukan berarti tidak bisa dilakukan. Intinya, harus pandai-pandai bagi waktu agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan tidak ada yang missed,” ungkap Syafira.
Komitmen dan konsistensinya dalam mengenalkan kuliner Jawa Timur membuat Syafira mendapatkan banyak respon positif, atensi, dan apresiasi. Bahkan, ia berkesempatan membuat konten review makanan Bersama Walikota Surabaya, Eri Cahyadi. Konten ini ditayangkan di kanal Youtube @kulinersby.
"Hampir sembilan tahun saya membuat konten tentang kuliner dan diunggah disemua akun media sosial @kulinersby. Saya sendiri tidak menyangka hobi saya bisa menjadi rezeki. Bahkan, membawa pengaruh positif terhadap kemajuan UMKM kuliner yang ada di Surabaya," paparnya.
Saat ini, berkat kerja kerasnya dan tim, @kulinersby memiliki lebih dari 550 ribu pengikut di Instagram dan 150 ribu pengikut di Tiktok.
"Alhamdulillah, banyak yang menyukai konten-konten Kulinersby. Saya sangat bersyukur jika pecinta kuliner dan wisatawan terbantu dengan hadirnya medsos @kulinersby," katanya.
"Komitmen saya dan tim adalah terus mengenalkan kuliner khas Surabaya dan membuat UMKM kuliner lokal makin dikenal dan visible," sambung Syafira.
Syafira menambahkan, sebagai bentuk syukurnya atas perkembangan media sosial @kulinersby dan kepeduliannya terhadap UMKM lokal, ia pun mengadakan endorsment gratis.
"Secara berkala, kami memberikan endorsment gratis kepada UMKM kuliner agar mereka dapat dikenal luas oleh calon pelanggan. Endorsment seringkali berbentuk konten dan kami tayangkan di kanal Youtube, juga akun Instagram dan Tiktok @kulinersby. Kami berharap langkah kecil ini dapat memotivasi UMKM kuliner lokal agar terus berkembang," pungkas Syafira. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Dhina Chahyanti |
Publisher | : Rochmat Shobirin |