Indonesia Positif

Halal Bihalal Polinema: Semangat Bangun Kebersamaan untuk Kemajuan

Selasa, 16 April 2024 - 15:11 | 11.90k
Acara halal bihalal yang digelar oleh Polinema, Selasa (16/4/2024). (FOTO: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)
Acara halal bihalal yang digelar oleh Polinema, Selasa (16/4/2024). (FOTO: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Politeknik Negeri Malang (Polinema) menggelar acara halal bihalal pada Selasa (16/4/2024) di Gedung Graha Polinema. Dalam acara tersebut ada ratusan civitas akademika yang datang.  Di sana mereka mendengarkan tausiyah agama kemudian bersalam-salaman dengan sesama warga Polinema. Dalam acara tersebut juga dilakukan pelepasan 5 calon jrmaah haji dari para dosen Polinema yang akan berangkat pada tahun ini.

Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo ST., MT., mengatakan acara halal bihalal ini digelar untuk meningkatkan tali silaturahim antara seluruh civitas akademika Polinema. Dengan jalinan persaudaraan yang baik, hal ini juga akan berimbas pada peningkatan kinerja seluruh warga Polinema.

"Halal bihalal ini bagian dari aktivitas yang menjadi kekayaan budaya dari bangsa Indonesia. Halal bihalal itu intinya mari sama-sama saling lilo legowo mengikhlaskan untuk saling memberikan maaf satu dengan yang lain," ucapnya.

Supriatna melanjutkan, agar seseorang bisa memberikan maaf, ada satu basic atau pondasi yang harus kita miliki. Yakni kita harus bisa memahami dan memaklumi bahwa sebagai makhluk individu, setiap orang yang punya karakter punya kepribadian yang berbeda-beda.

"Tidak ada satupun manusia itu yang sama. Semua punya keunikan tersendiri.  Sehingga itulah yang memunculkan potensi pada saat berkomunikasi, bergaul, berinteraksi itu ada konflik, ada perbedaan perselisihan dan ada tentunya di situ ada berbagai macam kesalahan dan kekhilafan," tuturnya.

Dengan mempunyai kesadaran tersebut, dia yakin seseorang akan lebih mudah untuk memaafkan satu sama lain. Baik itu teman, kerabat, maupun orang lain.

"Sehingga dengan kita memaklumi bahwa manusia itu tidak ada yang sama, tidak ada yang sempurna, masing-masing punya keunikan, maka itu modal awal untuk kita saling memaafkan satu dengan yang lain," katanya.

Pihaknya berharap, setelah gelaran halal bihalal ini, tidak ada lagi sekat, hambatan, dan penghalang bagi warga Polinema untuk bisa bersatu untuk menjadikan Polinema ke arah yang lebih baik lagi.

"Modal inilah yang kita harapkan. Dengan halal bihalal kita punya modal kebersamaan. Dengan kita menjaga kebersamaan itu kita punya sesuatu untuk kita berjuang menjadikan Polinema menjadi lebih baik lagi. Itu semangat yang kita harapkan dari acara halal bihalal ini," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES