Indonesia Positif

STIKI Malang Gelar Kompetisi Siswa SMA/SMK Tingkat Nasional: SSC XII 2024

Selasa, 23 April 2024 - 11:58 | 9.86k
FOTO: AJP TIMES Indonesia
FOTO: AJP TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, MALANG – Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia (STIKI Malang) kembali menggelar ajang bergengsi bagi para siswa SMA/SMK, yaitu STIKI Student Competition (SSC) tahun ini. Dalam persiapan penyelenggaraan acara ini, Unit Pengembangan Keilmuan dan Kompetensi Mahasiswa (PK2M) telah melakukan serangkaian langkah yang matang untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan kompetisi ini.

Pembentukan panitia yang terdiri dari mahasiswa STIKI Malang telah dilakukan mulai tanggal 15 Maret hingga 29 Maret 2024.

Langkah ini merupakan pondasi awal dalam menyusun acara yang berkualitas. Tak hanya itu, persiapan launching lomba juga telah dilakukan, mulai dari desain e-flyer, pengembangan website khusus, serta pemanfaatan media sosial.

Menurut pernyataan resmi dari Unit PK2M, tujuan utama dari penyelenggaraan SSC adalah untuk meningkatkan minat siswa-siswi SMA/SMK dalam kegiatan ilmiah, mengembangkan kreativitas di bidang IT maupun non-IT, serta membangun lingkungan akademik yang lebih baik.

Selain itu, SSC juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas karya ilmiah serta mempersiapkan siswa-siswi untuk kompetisi di tingkat yang lebih tinggi.

Tema utama SSC XII tahun ini adalah "Semangat Pemuda dalam Membangun Masa Depan", dipilih dengan mempertimbangkan tantangan dan rintangan yang dihadapi oleh generasi muda saat ini dalam mengembangkan potensi dan bakat mereka.

Proses seleksi dan pemilihan materi yang akan diikutsertakan dalam SSC telah diatur dengan cermat. Terdapat empat kategori lomba, yaitu Desain Poster, Video Pendek, Fotografi, dan Desain Website.

Pendaftaran peserta dibuka dari tanggal 6 Mei hingga 5 Juli 2024, dengan seleksi karya dilakukan pada tanggal 7 hingga 13 Juli 2024. Pengumuman finalis akan disampaikan secara daring pada tanggal 16 Juli 2024, sedangkan pelaksanaan final akan dilakukan pada tanggal 24-25 Juli 2024 di kampus STIKI Malang.

Untuk memastikan partisipasi maksimal dari siswa SMA/SMK, Unit PK2M akan menyelenggarakan bootcamp bagi peserta yang akan ikut serta atau sudah terdaftar dalam SSC.

Kerjasama antara Unit PK2M, mahasiswa, dan dosen STIKI Malang menjadi kunci sukses dalam penyelenggaraan SSC ini. Panitia SSC dikelola oleh mahasiswa aktif STIKI, sementara dewan juri berasal dari kalangan dosen.

Strategi promosi yang digunakan oleh Unit PK2M meliputi penyebaran poster secara luring di SMA/SMK sekitar Malang, pengiriman informasi lomba melalui email sekolah di seluruh Indonesia, dan pemanfaatan media sosial serta kerjasama dengan media cetak.

Tantangan terbesar yang dihadapi oleh Unit PK2M dalam penyelenggaraan SSC tahun ini adalah partisipasi siswa yang dipengaruhi oleh keterbatasan waktu dan minat yang beragam. Namun, dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, diharapkan dapat mengatasi tantangan tersebut.

Penilaian keberhasilan penyelenggaraan SSC akan didasarkan pada jumlah peserta pendaftar, sebaran wilayah pendaftar, serta antusiasme siswa dalam mengikuti proses kompetisi. Setelah acara selesai, Unit PK2M akan melakukan evaluasi untuk merumuskan catatan, temuan, dan saran agar penyelenggaraan kegiatan serupa di masa mendatang dapat lebih baik lagi.

STIKI memiliki komitmen tinggi untuk memfasilitasi berbagai aktivitas kemahasiswaan yang mampu menunjang prestasi akademis maupun non akademis. Sebagai perguruan tinggi yang memiliki fokus pada bidang ICT, STIKI Malang membuka kesempatan bagi generasi muda untuk bersama-sama bergabung mengembangkan kompetensi, dan kreativitas yang sesuai akan kebutuhan masa depan.

STIKI Malang memiliki komitmen untuk menyiapkan lulusan yang mampu dan siap berkompetisi di era globalisasi. Informasi kegiatan di STIKI Malang, silahkan mengunjungi website www.stiki.ac.id (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES