Indonesia Positif

200 Siswa Berprestasi Ikuti Lomba Seni Siswa Nasional di Banjarnegara

Senin, 29 April 2024 - 23:06 | 10.44k
Kepala Dindikpora Banjarnegara, Teguh Handoko saat membuka festival dan lomba seni siswa nasional (FLS2N) jenjang sekolah dasar tingkat kabupaten tahun 2024 di Balai Apung Surya Yudha Park. (FOTO: Dok Panitia FLS2N For TIMES Indonesia)
Kepala Dindikpora Banjarnegara, Teguh Handoko saat membuka festival dan lomba seni siswa nasional (FLS2N) jenjang sekolah dasar tingkat kabupaten tahun 2024 di Balai Apung Surya Yudha Park. (FOTO: Dok Panitia FLS2N For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Banjanegara, selama dua hari mulai Senin - Selasa (29 - 30/4/2024) menggelar festival dan lomba seni siswa nasional (FLS2N) jenjang sekolah dasar tingkat kabupaten tahun 2024 di Balai Apung Surya Yudha Park Banjarnegara.

Kegiatan bertemakan 'Merdeka Berprestasi, Talenta Seni Menginpirasi'  yang dibuka oleh Kepala Dindikpora, Teguh Handoko diikuti 200 peserta.

Menurut Teguh Handoko, kegiatan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

FLS2N-3.jpg

Sementara Kabid Sekolah Dasar Heling Suhono menambahkan kegiatan ini selain untuk mengembangkan potensi peserta didik, juga sebagai upaya memberikan ruang bagi unjuk bakat, minat, kreativitas, serta inovasi, dalam rangka untuk memperluas cakrawala pengetahuan seni.

Kemudian memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik alam pengembangan diri.

Hal yang tidak kalah penting, jelas Heling Suhono adalah untuk menumbuh kembangkan sikap kemandirian, sportivitas dan kompetitif serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi.

FLS2N-2.jpg

Sedang cabang yang dilombakan dalam ajang FLS2N jenjang sekolah dasar tingkat kabupaten tahun 2024 adalah menyanyi tunggal, seni tari, pantomin, gambar bercerita dan kriya anyam.

"Satu lagi, lomba tambahan untuk mengapresiasi sebuah kebersamaan adalah lomba yel yel. Ini wajib diikuti oleh peserta," ujarnya.

"Kami menetapkan enam peserta terbaik kabupaten, yakni juara  1, 2 dan 3 dan harapan 1 - 3 untuk masing - masing cabang. Untuk juara 1- 3 selanjutnya akan mengikuti kejuaran tingkat propinsi hingga tingkat nasional," sambung Heling.

Ciptakan Kebahagiaan

Sebagai bentuk penghargaan kepada para juara, panitia juga akan memberikan reward. Disamping piala juga ada uang prestasi.

Hal yang perlu diketahui, pelaksanaan FLS2N jenjang sekolah dasar tingkat kabupaten tahun 2024 berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya.  

"Kalau dulu kita hanya mengedepankan lomba, kini kita harus bisa menciptakan kondisi yang menyenangkan dan membahagiakan bagi para peserta. Sehingga pelaksanaan juga ditambah menjadi dua hari," jelas Heling lagi.

Maka untuk saat ini para peserta, sekitar 200 siswa diinapkan di hotel Surya Yudha. Harapan kami, siswa akan senang dan sisi lain festival kita akan melahirkan siswa yang berprestasi dan inovatif.

"Nanti malam juga ada kegiatan saresehan, diskusi dan lain sebagainya. Inilah perbedaan dengan kegiatan sebelumnya. Bahkan ada kegiatan nonton bareng (nobar) sepak bola untuk mendukung tim nasional Indonesia," imbuh Heling Suhono SPd MPd, Kabid Sekolah Dasar Dindikpora Banjarnegara. (*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES