Indonesia Positif Universitas Islam Malang

FK Unisma Malang Beri Penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat Serta Pembuatan Sabun Cair

Selasa, 30 April 2024 - 14:54 | 10.59k
Proses Penyampaian Materi Oleh Peserta KSM Internasional FK UNISMA. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Proses Penyampaian Materi Oleh Peserta KSM Internasional FK UNISMA. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Program Pengabdian Masyarakat Internasional FK Unisma Malang telah melaksanakan program Kandidat Sarjana Mengabdi di SDN Toyomarto III Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (1/4/2024).

Kegiatan ini terdiri dari 9 peserta KSM dan 1 Dosen Pendamping Lapangan. Kegiatan ini bertujuan menambah wawasan mengenai kesehatan guna untuk mengubah pola hidup menjadi sehat.

Awal dari kegiatan ini para peserta KSM membagikan kuisioner yang berisi beberapa pertanyaan seputar ruang lingkup gizi yang nantinya akan dilihat pengetahuan mereka dalam masalah gizi tersebut. Setelah pengisian kuisioner selesai, selanjutnya tim memberikan gambaran sedikit tentang gizi seimbang dan beberapa pertanyaan terbuka. Tetapi, banyak dari anak-anak yang belum paham apa itu gizi seimbang dan komponen-komponen dasarnya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Materi penyuluhan yang disampaikan yaitu tentang prinsip-prinsip gizi seimbang yang terdapat 4 pilar utama dan tumpeng gizi seimbang. Siswa-siswi SDN Toyomarto III begitu antusias dalam berpartisipasi pada kegiatan penyuluhan tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat, dimana siswa-siswi menyimak secara baik saat penyampaian materi, sehingga adanya interaksi antara tim dengan audiens yaitu adanya sesi tanya jawab. Interaksi yang berlangsung sangat baik dengan aktifnya siswa-siswi dan rasa keingintahuan yang tinggi mengenai materi atau topik yang disampaikan.

Aktifnya siswa-siswi disini menunjukkan bahwa pertumbuhan mereka masih baik, meskipun begitu perlu adanya peningkatan yang lebih baik lagi. Kemudian setelah kegiatan penyuluhan dilakukan, kegiatan berikutnya yaitu demonstrasi pembuatan sabun cair, siswa-siswi bisa melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan sabun cair tersebut dengan harapan supaya murid tersebut sudah mempunyai pengalaman mengenai kebersihan dan kesehatan sejak usia dini.

Setelah dilakukan penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat serta pembuatan sabun cair diharapkan siswa-siswi dapat menerapkan pola hidup yang bersih serta mengkonsumsi makanan dan minuman sehat sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Dengan adanya penyuluhan ini dapat memberikan gambaran kepada pihak sekolah untuk mengajarkan anak-anak berperilaku baik, bersih, sehat dengan menerapkan pola gizi seimbang dengan menjual makanan atau minuman yang bersih, sehat dan bergizi di kantin sekolah serta menjaga lingkungan sekolah dengan baik. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Mahasiswa KSM Internasional Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES