Indonesia Positif

FKIP Unmuh Jember Gelar Konferensi Internasional Bahas AI di Dunia Pendidikan

Jumat, 03 Mei 2024 - 09:43 | 4.20k
Prof Kazunori Nozawa saat memaparkan materi di KOPI LATTE.
Prof Kazunori Nozawa saat memaparkan materi di KOPI LATTE.

TIMESINDONESIA, JEMBER – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) menggelar acara bergengsi, Konferensi Pendidikan Internasional (KOPI) yang berkolaborasi dengan Language Teaching and Technology in Education (LATTE) pada Sabtu dan Minggu (27-28/4/2024). Kolaborasi ini bukan hanya menandai tahun kedua penyelenggaraan acara ini oleh FKIP Unmuh Jember, tetapi juga memperkuat posisinya sebagai agenda pendidikan yang dinantikan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Acara daring ini melibatkan lebih dari 250 peserta dari berbagai negara, termasuk Jepang, Filipina, Taiwan, dan Indonesia, yang terdiri dari mahasiswa, dosen, guru, dan peneliti. Dengan tema utama "Enriching Advanced Technology in Education", KOPI LATTE menjadi panggung bagi para pelaku pendidikan untuk menjelajahi potensi teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Salah satu narasumber utama, Profesor Kazunori Nozawa dari Jepang, menyampaikan pandangannya tentang penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran bahasa. Dalam pemaparan materinya, dirinya mengungkapkan bahwa saat ini kehadiran kecerdasan buatan dalam dunia pendidikan merupakan sebuah kebutuhan.

"Integrasi AI dalam pendidikan bahasa bukan hanya pilihan, tetapi sebuah kebutuhan dalam dunia pendidikan yang terus berkembang," ungkapnya.

materi-webinar.jpg

Selain Profesor Nozawa, para pemateri ternama seperti Profesor Shinjiro Ogita dari Perfectural University of Hiroshima, Jepang, dan Ya-wen Cheng dari Asia University, Taiwan, membahas tentang penggunaan robot dalam pembelajaran interaktif serta potensi aplikasi kecerdasan buatan dalam meningkatkan pembelajaran bahasa anak-anak.

Salah satu sorotan dari pemateri tersebut adalah pembahasan tentang penggunaan robot dalam proses pembelajaran interaktif. Para pemateri menjelaskan bagaimana kolaborasi antara robot, guru, dan siswa dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, serta memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menyenangkan melalui permainan.

Selain itu, penggunaan berbagai media pembelajaran berbasis Artificial Intelligence (AI) juga menjadi fokus pembahasan. Dari Google Translate hingga aplikasi pembelajaran bahasa seperti Duolingo, pembicara menggambarkan bagaimana teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran.

Dr. Tanzil Huda, seorang ahli pendidikan dengan pengalaman yang luas, juga memberikan kontribusi berharga dengan membahas adaptasi siswa terhadap aplikasi berbasis AI dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dalam presentasinya, Dr. Huda menekankan bahwa perubahan besar akan terjadi dalam pendidikan dengan semakin meningkatnya ketergantungan pada teknologi AI di masa depan.

Melalui KOPI LATTE, FKIP Unmuh Jember menunjukkan komitmen dalam mendampingi mahasiswa untuk menjadi pendidik yang berkualitas. Acara ini tidak hanya memberikan wawasan tentang perkembangan teknologi dalam pendidikan, tetapi juga menekankan pentingnya penanganan etis dan kepatuhan terhadap regulasi privasi dalam penggunaan teknologi AI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES