Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Kembangkan Model Pembelajaran Matematika ‘Master Ulil Albab' Tim PKM-RSH Unisma Lolos Pendanaan Kemendikbudristek

Selasa, 07 Mei 2024 - 13:21 | 14.19k
Tim PKM-RSH Unisma Malang bersama dosen pembimbing Abdul Halim Fathani, S.Si., M.Pd. lolos pendanaan Kemendikbudristek Tahun 2024. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Tim PKM-RSH Unisma Malang bersama dosen pembimbing Abdul Halim Fathani, S.Si., M.Pd. lolos pendanaan Kemendikbudristek Tahun 2024. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unisma Malang dinyatakan lolos dan meraih pendanaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun pendanaan 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemeneterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dirjen Belmawa Kemendikbudristek).

Dengan adanya usaha dan kerja keras yang dilakukan, di bawah bimbingan Abdul Halim Fathani, S.Si., M.Pd., dosen Prodi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang, tim yang beranggotakan tiga mahasiswa ini (Salma Aniqotizzahro, Faizzatul Maulidiyah, dan Sa’diyatul Abadiyah) ini mengusulkan Program Kreativitas Mahasiswa untuk skema Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH).

Pada tahun ini, untuk kedua kalinya, tim PKM-RSH yang terdiri dari tiga mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika ini lolos pendanaan PKM skema Riset Sosial Humaniora setelah pada tahun sebelumnya juga lolos pendanaan dengan mengusung topik pengembangan model pembelajarana Matematika Santri.

Tim PKM-RSH berupaya meneliti pengembangan model pembelajaran matematika MASTER Ulil Albab. Penelitian ini merupakan pengembangan model pembelajaran MASTER yang diintegrasikan dengan konsep ulil albab yang berbasis pada tiga dimensi, yaitu dimensi spiritual, teoritis, dan aplikatif.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

flayer.jpg

Model pembelajaran MASTER adalah model pembelajaran yang diperkenalkan oleh Georgi Lezanov dengan prinsip suggestopedia, yang mana merupakan suatu prinsip dimana lingkungan dan suasana belajar menjadi faktor penting keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran. Model ini menggunakan 6 langkah accelerated learning, yaitu: motivating, acquiring, searching, triggering, exhibiting, dan reflecting.

Konsep Ulil Albab merupakan suatu konsep yang menunjukkan pentingnya keseimbangan antara hubungan manusia dengan Tuhannya, manusia dengan ilmu pengetahuan, serta manusia dengan manusia yang lain. Dengan adanya integrasi antara model pembelajaran MASTER dan konsep Ulil Albab berbasis 3D, tim PKM-RSH berharap akan terbentuknya profil matematikawan ulil albab pada diri peserta didik.

“Model pembelajaran ‘Master Ulil Albab’ ini akan sangat cocok diterapkan pada santri yang juga menempuh pendidikan formal. Harapannya, model pembelajaran ini dapat mengatasi permasalahan dalam pembelajaran matematika dan juga dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa matematika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang tidak lepas dari pemilik segala ilmu pengetahuan, yaitu Realitas Mutlak, Allah swt,” tutur Salma.

Subjek uji coba dari penerapan model pembelajaran ini adalah peserta didik Mts Al-Ma’arif Singosari, yang mana sebagian besar peserta didiknya merupakan seorang santri. Tim PKM-RSH sepakat bahwa penelitian yang akan dilakukan nanti memiliki manfaat besar, baik untuk subjek penelitian maupun untuk kemajuan ilmu pengetahuan melalui pengembangan model pembelajaran matematika MASTER yang interaktif berbasis student centered learning dengan penyisipan nilai-nilai keagaman berupa konsep ulil albab.

Oleh karena itu, tim PKM-RSH berharap model pembelajaran ‘Master Ulil Albab’ ini dapat memenuhi kebutuhan dan mengatasi permasalahan peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Lebih dari itu, harapannya melalui model pembelajaran ini dapat mengubah stereotype bahwasanya matematika adalah suatu mata pelajaran yang sulit dikuasai.

Abdul Halim Fathani, S,Si., M.Pd., selaku dosen pendamping PKM-RSH sekaligus dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang senantiasa memberikan motivasi, dukungan, dan bimbingan terhadap tim PKM. Harapannya, setelah selesainya penelitian ini, tim PKM-RSH dapat melanjutkan proses ke jenjang berikutnya, yaitu mempersiapkan diri untuk berkompetisi dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2024. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES