Indonesia Positif

Lomba Cipta Menu Warnai Peringatan Hari Kesatuan Gerak TP PKK Morotai

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:49 | 11.39k
Ketua TP PKK Kabupaten Morotai Nurlela M Umar Ali saat menilai berbagai menu di lomba cipta menu, Rabu (8/5/2024). (Foto: Munces for TIMES Indonesia).
Ketua TP PKK Kabupaten Morotai Nurlela M Umar Ali saat menilai berbagai menu di lomba cipta menu, Rabu (8/5/2024). (Foto: Munces for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MOROTAI – Tim Penggerak Program Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Morotai memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 tahun 2024. Peringatan kali ini diwarnai dengan lomba cipta menu Beragam Bergizi Seimbang dan Nyaman (B2SA).

Peringatan HKG TP PKK digelar di Gedung Islamic Center (GIC) Kawasan Wisata Religi, Rabu (8/5/2024), dengan mengusung tema "Bergerak Bersama PKK Wujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju".

Peringatan tersebut dihadiri oleh Pj Bupati Morotai Muhammad Umar Ali, Forkopimda, para camat, kepala desa, berbagai organisasi perempuan, dan seluruh anggota Dharma Wanita Kabupaten Morotai. 

Ketua TP PKK Kabupaten Morotai Nurlaela M Umur Ali menyampaikan, salah satu capaian yang sangat membanggakan TP PKK adalah usaha kolaboratif lintas sektor yang mencatatkan prestasi luar biasa dalam penurunan prevalensi stunting.

"Rilis hasil survei kesehatan Indonesia tahun 2023 menunjukkan hasil yang menggembirakan. Angka stunting di Morotai turun signifikan dari 31 persen menjadi 11,7 persen. Angka ini cukup jauh dari target nasional yang merencanakan penurunan stunting di angka 14 persen," ungkapnya.

Dia mengatakan patut diapresiasi kolaborasi lintas sektor dengan langkah-langkah konkrit yang dikerjakan Pemerintah Daerah, instansi vertikal serta organisasi non pemerintah di Morotai, sehingga banyak faktor yang mendeterminasi penurunan stunting, salah satunya dengan penyediaan pangan yang Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).

Untuk itu, ajak Nurlela, melalui Tim Penggerak PKK, di dalam rangkaian hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 tahun 2024, mari digalakkan lomba cipta menu yang mengemban misi B2SA. Misi ini bermuara pada kesehatan dan kesejahteraan keluarga di rumah.

"Kita perlu menyadari, bahwa Morotai ini tidak kalah dalam ketersediaan bahan pangan, kita punya kekayaan sumber protein hewani yang terkandung di dalam laut yang kita miliki. hanya saja memerlukan perhatian untuk dijadikan pilihan utama dalam pemenuhan pangan yang lebih beragam," katanya.

Selain itu, istri Pj Bupati Morotai ini mengakui memperoleh berbagai catatan yang membanggakan, di mana kegiatan PKK di beberapa desa telah mampu mendorong difersifikasi pangan, dengan jalan intensifikasi pertanian lewat lahan pekarangan guna pemenuhan pangan untuk penanganan stunting.

"Mari kita apresiasi semua upaya terbaik yang telah dilakukan oleh PKK, maupun secara kolaboratif untuk menambah semangat dan konsistensi dalam rangka mewujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju," sanjungnya.

"Sekali lagi, terima kasih Pemda Morotai, instansi vertikal, organisasi non pemerintah, serta semua elemen masyarakat, baik individu maupun kelompok, yang punya niat baik dan upaya tulus menjadikan Morotai menjadi lebih baik," pungkas Ketua TP PKK Kabupaten Morotai, Nurlela M Umar Ali. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES