Indonesia Positif

Duet KH Ulil Albab Arwani dan KH Asrofi Masyito Kembali Pimpin PCNU Kudus

Jumat, 10 Mei 2024 - 11:33 | 11.01k
Konfercab PCNU Kudus berlangsung di Laboratorium Terpadu IAN Kudus dihadiri 500 undangan dari PBNU, PWNU Jateng dan undangan lainnya. (Foto: Ihza Fajar Azhari/TIMES Indonesia) 
Konfercab PCNU Kudus berlangsung di Laboratorium Terpadu IAN Kudus dihadiri 500 undangan dari PBNU, PWNU Jateng dan undangan lainnya. (Foto: Ihza Fajar Azhari/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, KUDUS – Konferensi Cabang (Konfercab) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Kudus kembali menetapkan KH Ulil Albab Arwani sebagai Rois Syuriah dan KH Asrofi Masyito sebagai Ketua Tanfidziah masa khidmad 2024-2029.

Duet mereka berdua berhasil menandingi sejumlah kandidat yang meramaikan bursa pemilihan panglima tinggi di jajaran PCNU Kudus. Ulil Albab yang akrab disapa Gus Bab bersama Asyrofi, sebelumnya sempat menduduki jabatan yang sama dalam masa khidmad jabatan 2019-2024. 

Terpilihnya pasangan incumbent itu, dalam Konfercab PCNU di Laboratorium Terpadu IAN Kudus, yang berlangsung Kamis (9/5/2024) sejak pagi pukul 09.00 hingga malam hari. Konfercab dihadiri 500 peserta dan juga PJ Bupati Kudus, Hasan Chabibie. 

PCNU-Kudus-2.jpgPJ Bupati Kudus Hasan Chabibi memberikan sambutan dan dukungan penyelenggaraan Konfercab PCNU Kudus. (Ihza Fajar Azhari/TIMES Indonesia)

Selain itu, juga dihadiri Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), PWNU Jawa Tengah, Mustasyar PCNU, Syuriyah PCNU, Tanfidziah PCNU, dan tamu undangan lainnya.

Sebagai kandidat unggulan, KH Asrofi Masyito resmi dipilih menjadi ketua Tanfidziah PCNU Kudus, usai mendapatkan suara lebih banyak daripada calon lain yakni Sarmanto (Ajudan PJ Bupati Kudus) dan Fajar Nugroho {Pengurus PCNU Kudus). 

Selain nama Sarmanto dan Fajar Nugroho serta KH Asyrofi, nama lain yang sempat muncul dalam bursa Konfercab yakni Dr. Kisbiyanto yang juga Wakil Ketua PCNU Kudus 2019-2024 sekaligus Wakil Rektor IAIN Kudus. Namun Kisbiyanto belum memenuhi persyaratan pencalonan.

Sementara KH Ulil Albab Arwani juga mendapat perolehan terbanyak atas kandidat lainnya KH Abdul Mannan, KH Hamdani, KH Ahmad Thoha dan KH Mujahid Dahlan. Gus Bab pengasuh Ponpe Yanbuul Qur'an terpilih, setelah melalui Ahlul Halli Wal Aqdi (Ahwa).

Duet Gus Bab dan Asyrofi berhasil mengukuhkan formasi yang tidak berbeda seperti pada periode sebelumnya. Dengan hasil ini, 500 an orang peserta yang hadir, secara langsung,  mengucapkan selamat dan mempercayakan tampuk kepemimpinan PCNU Kudus lima tahun kedepan kepada Gus Bab dan Asyrofi.

"Kami bersyukur akhirnya Konfercab PCNU Kudus berjalan dinamis, namun penuh dengan khidmat. Kami harap semua dapat menerima hasil Konfercab dengan baik bahwa NU ialah untuk umat," ujar Kisbiyanto selaku ketua Konfercab PC NU Kudus, usai acara.

PCNU-Kudus-3.jpgKonfercab NU Kudus kembali menetapkan KH Ulil Albab Arwani sebagai Rois Syuriah dan KH Asrofi Masyito sebagai Ketua Tanfidziah masa khidmad 2024-2029. (Foto Ihza Fajar Azhari/TIMES Indonesia)

Sementara itu, PJ Bupati Kudus Hasan Chabibie mengungkapkan bahwa NU harus terus dipertahankan dan membutuhkan inovasi baru dalam setiap prosesnya.

"Semoga dengan kepengurusan baru ini dapat merumuskan program - program strategis untuk kemanfaatan bersama khususnya bagi warga Kabupaten Kudus," terang Hasan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES