Indonesia Positif

Ramah Lingkungan, Dinas PU CKPP Banyuwangi Ganti LPJU ke Lampu Hemat Energi 

Kamis, 16 Mei 2024 - 14:46 | 11.26k
Tim LPJU Dinas PU CKPP Banyuwangi melakukan pemeliharaan lampu jalan. (FOTO: Dinas PU CKPP for TIMES Indonesia).
Tim LPJU Dinas PU CKPP Banyuwangi melakukan pemeliharaan lampu jalan. (FOTO: Dinas PU CKPP for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – \Upaya pelestarian lingkungan dan penghematan energi terus digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, melalui Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman (PU CKPP) Banyuwangi. 

Salah satunya yakni dengan melakukan penggantian Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) ke jenis lampu hemat energi.

“Untuk LPJU kami fokus pada pergantian lampu merkuri kuning menjadi lampu hemat energi,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PU CKPP Banyuwangi, Suyanto Waspo Tondo Wicaksono, Kamis, (16/5/2024).

Langkah strategis tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah daerah (Pemda) dalam menanggulangi perubahan iklim dan mendorong energi terbarukan, sekaligus untuk mewujudkan program Banyuwangi Hijau.

Di samping penghematan energi, pergantian lampu hemat energi juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas penerangan jalan di Banyuwangi. Hal ini tentunya akan berdampak positif pada keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, baik masyarakat umum maupun wisatawan.

Dinas PU CKPP Banyuwangi tidak hanya fokus pada penggantian LPJU, tetapi juga melakukan pemeliharaan rutin. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar LPJU dapat berfungsi dengan baik dan memberikan manfaat optimal.

Pria yang akrab disapa Yayan menyampaikan, bahwa salah satu kendala yang sering dihadapi adalah kerusakan LPJU hama pengerat seperti tikus.

“Hama tikus menjadi salah satu penyebab LPJU kurang maksimal. Karena itu perlu dilakukan pemeliharaan secara rutin untuk memastikan LPJU bisa berfungsi optimal dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” terangnya. (d)








 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES