Indonesia Positif

Mahasiswa Pendidikan Matematika UNIPMA Raih Kesempatan Student Exchange ke ISATU Filipina

Jumat, 17 Mei 2024 - 15:49 | 12.69k
Ruina Nur Fitria mahasiswa  Prodi Pendidikan Matematika UNIPMA mengikuti perkuliahan di kampus mitra ISATU Filipina. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Ruina Nur Fitria mahasiswa  Prodi Pendidikan Matematika UNIPMA mengikuti perkuliahan di kampus mitra ISATU Filipina. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Ruina Nur Fitria, mahasiswa semester 5 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun (UNIPMA), mendapatkan kesempatan berharga untuk mengikuti program pertukaran pelajar International Credit Transfer (ICT) secara daring di Iloilo Science And Technology University (ISATU), Philippines. Program ini berlangsung selama satu semester, dari Juli hingga Desember 2021.

ICT dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa dengan kredit SKS yang dapat ditransfer dan diakui di UNIPMA Madiun. Sebagai bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), studi yang dipilih merupakan program lintas jurusan namun tetap berkesinambungan dengan program studi yang diambil. 

zoom-2.jpg

Ruina, menjelaskan syarat yang harus dipersiapkan untuk mengikuti program ICT adalah mengisi form agreement, mengikuti proses seleksi dari Universitas yang akan dituju dan beberapa persyaratan lain seperti TOEFL dan sebagainya. Lebih lanjut, Ruina mengungkapkan merasa sangat terbantu dengan adanya program student exchange ini khususnya untuk mengkesplorasi keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki. Selama menempuh studi di Filipina, ia mengambil tiga mata kuliah: Technology For Teaching and Learning 1, Assessment in Learning 1, dan Principles and Strategies In Teaching Mathematics.

zoom-3.jpg

Meskipun perkuliahan dijalankan secara daring, ada beberapa tantangan yang dihadapi salah satunya berkaitan dengan bahasa yang digunakan. Meski demikian, ini menjadi motivasi tersendiri bagi Ruina untuk mempelajari dan mengenal bahasa Filipina dan bahasa Inggris. Melalui program ICT ini diharapkan mahasiswa UNIPMA dapat termotivasi untuk menjalin jejaring internasional untuk memperluas wawasan yang dimiliki. Program ini membuka peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan perspektif global yang sangat diperlukan di era modern ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES