Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Teliti Penggunaan ChatGPT dalam Penyelesaian Masalah: Tim PKM dari Unisma Malang Lolos Pendanaan Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 13:21 | 8.91k
Tim PKM-RSH FKIP Unisma Malang saat presentasi hasil penelitiannya.
Tim PKM-RSH FKIP Unisma Malang saat presentasi hasil penelitiannya.
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unisma Malang, berhasil lolos pendanaan untuk tahun 2024 melalui skema PKM-RSH (Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Sosial Humaniora) yang didanai oleh Belmawa Dikti.

Penelitian mereka berjudul "Analisis Kegagalan Metakognitif saat Penggunaan ChatGPT dalam Penyelesaian Masalah Matematika pada Mahasiswa Tahun Pertama".

Penelitian ini diketuai oleh Nilna Kamilatun Ni'am dengan anggota Hidayatul Qoyyimah dan Aliq Ulva Nuriya, serta dibimbing oleh Dr. Surya Sari Faradiba, S.Si., M.Pd.

Penelitian ini berfokus pada analisis kegagalan metakognitif yang dialami oleh mahasiswa tahun pertama saat menggunakan ChatGPT untuk menyelesaikan masalah matematika.

Metakognisi, yang merujuk pada kesadaran dan pengelolaan proses berpikir sendiri, merupakan aspek penting dalam pembelajaran dan penyelesaian masalah.

Penggunaan alat bantu seperti ChatGPT dapat memberikan tantangan baru bagi mahasiswa, terutama dalam hal bagaimana mereka mengelola dan memverifikasi informasi yang diberikan oleh AI.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Nilna Kamilatun Ni'am menyatakan bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kegagalan metakognitif yang terjadi dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas penggunaan AI dalam pendidikan. "Kami berharap hasil penelitian ini dapat membantu mahasiswa dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi AI seperti ChatGPT untuk mendukung proses belajar mereka," ujarnya.

Hidayatul Qoyyimah dan Aliq Ulva Nuriya menambahkan bahwa penelitian ini juga akan mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan metakognitif mahasiswa, termasuk faktor individu dan kontekstual.

"Kami akan mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara mendalam untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif mengenai dinamika penggunaan AI dalam pembelajaran matematika," kata Hidayatul.

Dr. Surya Sari Faradiba, sebagai dosen pembimbing, mengungkapkan kebanggaannya terhadap tim bimbingannya.

"Penelitian ini sangat relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Saya yakin bahwa hasilnya akan memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan metode pengajaran yang lebih adaptif dan efektif," tutur Dr. Surya.

Dengan lolosnya tim ini dalam pendanaan PKM-RSH 2024, diharapkan penelitian ini dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat nyata bagi dunia pendidikan, khususnya dalam bidang pembelajaran matematika.

Semoga keberhasilan ini juga dapat menginspirasi mahasiswa lain untuk terus berinovasi dan berprestasi dalam bidang akademik dan penelitian. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES