Indonesia Positif

Kampus Mengajar Angkatan 7 Sukses Gelar Festival Literasi dan Numerasi di SDN Kebon 1 Ngawi

Rabu, 22 Mei 2024 - 08:11 | 15.19k
Festival Literasi dan Numerasi di SDN Kebon 1 Ngawi. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Festival Literasi dan Numerasi di SDN Kebon 1 Ngawi. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Tim kampus mengajar angkatan 7 yang dibimbing dosen UNIPMA Madiun (Universitas PGRI Madiun) Dr. Wasilatul Murtafiah, M.Pd mengadakan festival literasi numerasi di Sekolah Dasar (SD) Negeri Kebon 1 Kecamatan Paron. Kegiatan festival ini sukses dilaksanakan dua hari pada tanggal 30 April dan 2 Mei 2024 sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional. Rangkaian kegiatan ini dimulai dari kolaborasi dengan Perpustakaan Daerah Kabupaten Ngawi dengan menghadirkan perpustakaan keliling dan komunitas kampung dongeng.

Setelah upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional, dilanjutkan dengan pentas seni tari, puisi, bernyanyi dan tembang yang ditampilkan siswa mulai dari kelas 1 hingga kelas 6.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menambah kreativitas dan mengolah bakat siswa,” ungkap Andriani, Wali Kelas 4 SDN Kebon 1.

Dia berpesan kepada para siswa agar selalu mengingat apa yang sudah diajarkan oleh tim Kampus Mengajar. 

SDN-Kebon-1-Ngawi.jpg

Pada kesempatan yang sama, ketua tim Kampus Mengajar, Lusita Rismadana berpesan kepada siswa-siswi agar terus semangat dalam menggapai cita-citanya. 
Festival Literasi Numerasi SDN Kebon 1 hari pertama pada tanggal 30 April 2024, berkolaborasi dengan Perpustakaan Daerah Kabupaten Ngawi menghadirkan perpustakaan keliling dan komunitas kampung dongeng. 

Hari pertama Festival Literasi Numerasi SDN Kebon 1 mendapatkan sambutan positif dari guru dan siswa  SDN Kebon 1.

Harapan dari tim Kampus Mengajar SDN Kebon 1, kegiatan kolaborasi dengan Perpustakaan Daerah Kabupaten Ngawi bisa berkelanjutan karena kegiatan ini berdampak positif untuk kemampuan literasi siswa SDN Kebon 1 Ngawi.

market-day.jpg

Hari kedua Festival Literasi Lumerasi pada 2 Mei 2024, terdapat kegiatan pentas seni, pameran karya P5 dari kelas 1-5 dan market day. Tujuan dari market day yaitu sebagai implementasi dari kegiatan numerasi, dimana siswa berlatih berjualan/bertransaksi. Kegiatan market day diikuti oleh siswa-siswi kelas 4 dan 5, terbagi menjadi 5 kelompok yaitu 2 kelompok dari kelas 4, dan 3 kelompok dari kelas 5. Perkelompok berjualan 2 jenis jajanan ada lumpia, es the, burger sate, corn dog, nasi goreng, mie goreng, keripik tempe, pudding dan masih banyak lagi. Jajanan yang mereka jual dihargai mulai dari Rp2-Rp3 ribu. 

Adapun tim Kampus Mengajar Angkatan 7 SDN Kebon 1 dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) Dr. Wasilatul Murtafiah, M.Pd antara lain Lusita Rismadana, Universitas Jember, Pendidikan Matematika, Putri Alia Rahmawati, Universitas Negeri Surabaya, Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Cantika Novyana Palupi, Universitas Negeri Surabaya, Pendidikan Ekonomi, Aprilia Eva Maharani, STKIP Modern Ngawi, Pendidikan IPA. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES