Indonesia Positif

Hari Lahir Pancasila Diperingati dengan Kebhinekaan Maluku

Sabtu, 01 Juni 2024 - 14:45 | 9.93k
Pemerintah Provinsi Maluku menggelar Upacara dalam rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (1/6/2024). (Foto: Diskominfo Maluku for TIMES Indonesia)
Pemerintah Provinsi Maluku menggelar Upacara dalam rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (1/6/2024). (Foto: Diskominfo Maluku for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, AMBON – Dalam sebuah upacara yang meriah di Lapangan Merdeka Ambon, Pemerintah Provinsi Maluku menggelar perayaan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 dengan penuh semangat. Dalam acara yang mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045", peserta tampak anggun mengenakan pakaian adat Maluku.

Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie bertindak selaku Inspektur Upacara dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Maluku Titus F L Renwarin sebagai komandan upacara dalamacara tersebut.

Pesan dalam sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, yang dibacakan Sadali, menekankan betapa Pentingnya Pancasila sebagai landasan kehidupan berbangsa dan bernegara bagi Indonesia.

“Nilai-nilai luhur Pancasila, seperti inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, menjadi pilar utama dalam mempersatukan bangsa yang majemuk,” ujarnya.

Sadali mengajak seluruh komponen bangsa untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Peran Pancasila sebagai petunjuk dan pilar kemajuan bangsa Indonesia di tengah dinamika globalisasi tidak bisa diabaikan.

Ia juga menyoroti perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat dan pentingnya penggunaan yang bijaksana dalam menyebarkan nilai-nilai positif Pancasila. Ia percaya dengan semangat Pancasila yang kuat, bangsa Indonesia mampu mengatasi segala tantangan yang dihadapi.

Dalam akhir pidatonya, Sadali menyampaikan harapannya agar peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memacu semangat untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di dunia internasional.

Upacara Hari Lahir Pancasila ini dihadiri oleh berbagai pejabat dan pegawai Pemerintah Provinsi Maluku, yang turut merayakan keberagaman dan kesatuan dalam semangat Pancasila. Semoga semangat kebersamaan dan kemajuan terus menguatkan bangsa Indonesia ke depannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES