Indonesia Positif

Upacara Hari Lahir Pancasila di Banyuwangi, Momen Perkuat Persatuan Masyarakat

Sabtu, 01 Juni 2024 - 15:27 | 10.50k
Upacara Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni yang diselenggarakan di Halaman Kantor Pemkab Banyuwangi, Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Hafidz ditunjuk sebagai inspektur upacara. (FOTO: Humas Pemkab BanyuwangI)
Upacara Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni yang diselenggarakan di Halaman Kantor Pemkab Banyuwangi, Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Hafidz ditunjuk sebagai inspektur upacara. (FOTO: Humas Pemkab BanyuwangI)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – 1 Juni merupakan hari yang bersejarah bagi negara Indonesia. Diperingati dengan upacara, momen Hari Lahirnya Pancasila di Banyuwangi menjadi kesempatan memperkuat persatuan masyarakat. 

Upacara hari lahirnya pancasila yang digelar di halaman Kantor Pemerintah Banyuwangi, pada, Sabtu (1/6/2025) Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Hafidz ditunjuk sebagai inspektur upacara. 

Dalam kesempatan tersebut, Letkol Laut (P) Hafidz mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersinergi dan bersama-sama dalam menjaga tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Bukan tanpa alasan Letkol Laut (P) Hafidz, mengatakan demikian pasalnya pada peringatan hari lahirnya Pancasila tahun ini, mengusung tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’. Dengan begitu adanya persatuan setiap elemen bisa membuat sebuah bangsa yang kokoh.

Terlebih tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’ tersebut mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Berdemokrasi secara aman dan nyaman demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa,” tegas Letkol Laut (P) Hafidz dalam sambutanya.

Adanya kesempatan upacara tersebut menjadi momentum kilas balik Indonesia. Oleh sebab itu, Letkol Laut (P) Hafidz mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

“Kita harus kerjasama dan kolaborasi demi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan daripada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” tandasnya.

Pada upacara peringatan hari lahirnya Pancasila itu dihadiri oleh TNI, Polri, Satpol PP, Mahasiswa hingga pegawai pemerintahan Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES