Indonesia Positif

Banyuwangi Raih Dua Penghargaan pada JDIH Jatim Award 2024

Senin, 03 Juni 2024 - 20:17 | 7.84k
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Banyuwangi M Yanuar Bramuda saat menerima dua penghargaan pada JDIH Jatim Award 2024. (Foto: Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Banyuwangi M Yanuar Bramuda saat menerima dua penghargaan pada JDIH Jatim Award 2024. (Foto: Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Kembali menorehkan prestasi membanggakan di kancah Jawa Timur (Jatim). Kali ini, Pemerintah Banyuwangi berhasil meraih dua penghargaan sebagai pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) terbaik kategori kabupaten/kota dan terbaik kategori Sekretariat DPRD se Provinsi, dalam ajang JDIH Jatim Award 2024.

Penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, kepada Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Banyuwangi M Yanuar Bramuda, pada upacara Hari Lahir Pancasila di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (1/6/2024).

Dijelaskan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Banyuwangi M Yanuar Bramuda, bahwasanya kali ini Bumi Blambangan mendapat dua penghargaan sekaligus yaitu sebagai pengelola JDIH terbaik kategori kabupaten/kota dan terbaik kategori Sekretariat DPRD terbaik se Provinsi Jatim.

“Kita diganjar dua penghargaan itu karena inovasi kita dalam mengelola JDIH,” ucap Bramuda yang akrab disapa Bram, pada Senin (3/6/2024).

Bram mengatakan, adanya inovasi kita berupa perpustakaan JDIH di setiap desa, yang mana setiap masyarakat bisa belajar tentang hukum dan mengakses dokumen. Selain itu, di perpustakaan JDIH tersebut juga memiliki layanan konsultasi hukum.

“Karena itu kita dapat skor tertinggi daripada kabupaten lain,” tuturnya.

Dengan begitu, Bram berharap, masalah-masalah hukum yang dihadapi oleh masyarakat tidak langsung dibawa menuju ke aparat penegak hukum atau pengadilan. Tetapi adanya upaya tingkat bawah atau desa sudah bisa diselesaikan secara musyawarah.

“Inilah yang membuat Banyuwangi mendapat penghargaan JDIH terbaik,” jelas Bram.

Untuk diketahui, melansir dari Dinas Kominfo Jatim, Awarding itu diberikan oleh Pemprov Jatim melalui Biro Hukum Setda Prov Jatim, mengingat kebutuhan informasi saat ini yang sudah sangat tinggi bagi masyarakat apalagi informasi hukum. Oleh karenanya, sudah menjadi kewajiban Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk menyajikan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah dan cepat.

Provinsi Jatim selaku Pusat JDIH di Jatim memberikan apresiasi dan penghargaan bagi anggota JDIH yang telah mewujudkan pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah, dan cepat. Hal tersebut sesuai ketentuan Pasal 9 ayat (2) Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 62 Tahun 2021 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Jawa Timur.

Sebagai informasi, JDIHN merupakan wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu dan berkesinambungan, serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah dan cepat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES