Indonesia Positif

Tingkatkan Kompetensi Guru, SMAN 6 Madiun dan Dosen UNIPMA Gelar IHT Pembelajaran Inovatif

Selasa, 04 Juni 2024 - 10:37 | 7.47k
Pembukaan kegiatan IHT pembelajaran inovatif. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Pembukaan kegiatan IHT pembelajaran inovatif. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – SMAN 6 Madiun merupakan salah satu sekolah menengah di Kota Madiun yang aktif dalam meningkatkan kompetensi guru. Salah satu kegiatan yang digelar adalah In House Training pembelajaran inovatif berpusat pada peserta didik. Kegiatan ini bertujuan untuk menghadirkan pembelajaran di kelas yang kreatif dan inovatif sehingga mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep peserta didik. Bimtek ini juga untuk meningkatkan mutu rapor pendiidkan dalam bidang kualitas pembelajaran. 

IHT pembelajaran inovatif diikuti oleh semua guru SMAN 6 Madiun dan dibuka oleh Kepala Sekolah, Prawito, S.Pd., M.Si. Narasumber kegiatan ini adalah Dr. Wachidatul Linda Yuhanna, M.Si. dosen UNIPMA sekaligus Fasilitator Sekolah Penggerak. “Pembelajaran inovatif dimulai dari guru yang kreatif, open minded dan berfokus pada kebutuhan dan karakteristik peserta didik,” ungkapnya 

Penyampaian-materi.jpg

Bimtek ini dipandu oleh moderator Juli Sukimarwati, M.Pd selaku tim penilai pembelajaran. Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi SMAN 6 Madiun dan UNIPMA dalam bidang pengabdian masyarakat. Melalui Bimtek ini, guru SMAN 6 Madiun mulai mengidentifikasi kompetensi dan karakter peserta didik melalui tes diganostik. Selanjutnya guru mulai menyusun modul ajar dengan memilih metode pembelajaran inovatif. Guru juga mulai menginovasikan pembelajaran dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dan Culturally Responsive Teaching (CRT). Guru juga menginovasikan dengan pendekatan saintifik dan kontekstual, sehingga menggugah peserta didik untuk memiliki rasa ingin tahu dan mampu mengoptimalkan potensi diri.

Peserta-IHT-SMAN-6.jpg

“Sangat menarik dan saya terinspirasi untuk mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan model PjBL-TaRL terintegrasi media digital,“ ujar Fajar Anshori, S.Kom. 

Harapannya kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan praktik baik di kelas, didikusikan di komunitas belajar dan didiseminasikan di aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES