Indonesia Positif

Dukung Kabupaten Pasuruan ODF, AQUA Keboncandi Bagikan Paket Akses Jamban Sehat Di Desa Wonojati!

Kamis, 06 Juni 2024 - 12:45 | 4.13k
Pemberian paket stimulan jamban sehat di Desa Wonojati oleh AQUA Keboncandi (foto: dok Aqua)
Pemberian paket stimulan jamban sehat di Desa Wonojati oleh AQUA Keboncandi (foto: dok Aqua)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – AQUA Keboncandi bersama mitra kerjanya LPTP Surakarta, menyelenggarakan kegiatan Monitoring Bersama dan Komitmen Open Defecation Free (ODF) pada hari ini Kamis (6/6/2024). Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Dinas Kesehatan, Kecamatan, Puskesmas Gondang Wetan, Pemerintah Desa Wonojati, Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) Surakarta, dan AQUA Keboncandi.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen AQUA untuk mendukung program-program pemerintah Kabupaten Pasuruan, salah satunya Kabupaten Pasuruan ODF. Selain itu, untuk memperkuat kolaborasi lintas sektor, transparansi dan partisipasi pelaksanaan program.

Dalam acara ini, AQUA Keboncandi menegaskan komitmennya untuk mendukung pencapaian kabupaten ODF melalui kolaborasi lintas sektor. Dukungan ini diwujudkan dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat, salah satunya dengan pendekatan sanitasi berbasis masyarakat. Selain itu, sebagai aksi nyata untuk mewujudkan Desa Wonojati ODF, AQUA keboncandi memberikan paket akses jamban sehat.
 

AQUA-Keboncandi-b.jpg

“Terimakasih kepada AQUA Keboncandi, telah berkolaborasi untuk mewujudkan mimpi Desa Wonojati ODF di tahun 2024," ujar Junaidi selaku Kepala Desa Wonojati.

Dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) ada 5 pilar, ODF hanya pilar pertama. “Tugas kita bersama untuk mencapai semua pilar STBM, tanpa kolaborasi yang bagus ini tentunya akan lamban bagi desa untuk mencapai STBM 5 pilar," terang dr. Mardina selaku Kepala Puskesmas Gondangwetan.

“Komitmen ODF ini semoga tidak hanya lulus verifikasi administrasi, namun juga makna lulus yang sebenarnya dengan bukti tidak ada lagi 'helicopter-helikopter' di sepanjang sungai," imbuh Camat Gondangwetan M. Hidayatullah.

Di akhir kegiatan, AQUA secara simbolis memberikan stimulan berupa puluhan paket akses jamban sehat untuk Desa Wonojati. Bantuan ini diharapkan dapat mempercepat upaya desa dalam menyediakan fasilitas sanitasi yang layak bagi seluruh warga.
 

AQUA-Keboncandi-c.jpg

Sementara itu, SR Manager AQUA Keboncandi, Hari Wicaksono mengatakan, kegiatan ini merupakan perwujudan komitmen berkelanjutan dari AQUA Keboncandi sebagai salah satu bentuk tanggungjawab terhadap pembangunan daerah utamanya wilayah terdekat perusahaan dan Kabupaten Pasuruan.

"Melalui program kemitraan ini, AQUA pabrik Keboncandi yang bermitra dengan LPTP telah melaksanakan beberapa program kemasyarakatan. Antara lain program KBC BERSAHAJA atau program kesehatan lingkungan masyarakat melalui peningkatan akses sanitasi dan pembangunan prasarana jamban sehat bagi masyarakat sekitar perusahaan", terang Hari Wicaksono.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Desa Wonojati bisa segera meraih status ODF dan menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Pasuruan. Kerja sama dan komitmen dari berbagai pihak menjadi kunci sukses dalam mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Robert Ardyan
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES