Indonesia Positif

Dukung Ketahanan Pangan, Dandim 0818 Minta Petani Fungsikan Lahan Didampingi Babinsa

Jumat, 07 Juni 2024 - 15:46 | 9.75k
Dandim 0818/Malang Baru dan jajarannya beserta Dinas TPHP Kabupaten Malang dan BSIP Jestro Wilayah Kabupaten Malang melakukan tanam padi bersama di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. (Foto: Amin/TIMES Indonesia)
Dandim 0818/Malang Baru dan jajarannya beserta Dinas TPHP Kabupaten Malang dan BSIP Jestro Wilayah Kabupaten Malang melakukan tanam padi bersama di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. (Foto: Amin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kegiatan Tanam Padi Bersama dilakukan Dandim 0818/Malang-Batu dan jajaran dengan kelompok petani, bertempat di lahan pertanian UIN, yang berada di Kelurahan Sedayu, KecamatanTuren, Kabupaten Malang, Jumat (7/6/2024). 

Tanam Padi bersama dipimpin langsung, Dandim 0818 Malang Batu, Letkol Inf Yuda Sancoyo, didampingi Mayor Czi Supa'at (Kasdim 0818 Malang-Batu, Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Malang, Ir. Avicenna M. Saniputra MP, dan Kepala BSIP Jestro Wilayah Kabupaten Malang, Dr. Fauziah T. Ladja, M.Si.

Bersama perwakilan kelompok petani setempat dan Muspika Kecamatan Turen, mereka menanam secara simbolis bibit padi di pematang sawah yang siap tanam. 

Dandim 0818/Malang-Batu, Letkol Inf Yuda Sancoyo mengungkapkan, dilaksanakannya kegiatan tanam bersama ini dalam rangka program Ketahanan Pangan, yang dicanangkan pemerintah untuk terwujudnya kedaulatan pangan masyarakat dengan ketersediaan hasil produksi dan cadangan pangan. 

"Terima kasih pada Bapak ibu semuanya yang telah ikut aktif berperan mensukseskan Ketahanan Pangan Nasional. Setelah sawah ini ditanami, agar tetap dirawat dan dipelihara. Dan semoga, untuk kedepannya jangan sampai ada lahan yang tidak difungsikan (ditanami)," kata Letkol Inf Yuda Sancoyo, Jumat (7/6/2024). 

Dandim 0818 juga meminta kepada para Babinsa, agar bisa mendampingi para petani, dan membantu apabila ada kendala yang dialami, untuk diteruskan kepada pihak terkait. 

Hal yang sama disampaikan Kepala Dinas TPHP Kabupaten Malang, Avicenna Sani Putra. Menurutnya, kelompok tani juga telah membantu ikut mewujudkan ketahanan pangan nasional bersama para petani. 

Ia mengatakan terbuka untuk menerima, apabila ada kendala usaha pertanian yang dialami petani, agar bisa juga disampaikan melalui para Babinsa. 

Fauziah T Ladja, dari BSIP Jestro Wilayah Kabupaten Malang, di antaranya mengapresiasi langkah Dandim  0818 dan jajaran, yang telah berkontribusi atas perluasan area tanam baru untuk kawasan pertajian di wilayah Turen tersebut. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES