Indonesia Positif

Mahasiswa UM Kembangkan Techno Library di SMKN 1 Kepanjen

Senin, 10 Juni 2024 - 12:11 | 15.89k
Enam mahasiswa UM pengembang website Techno Library pada Asistensi Mengajar di SMKN 1 Kepanjen. (FOTO: Tim Techno Library/TIMES Indonesia)
Enam mahasiswa UM pengembang website Techno Library pada Asistensi Mengajar di SMKN 1 Kepanjen. (FOTO: Tim Techno Library/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Enam mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) menjalani program Asistensi Mengajar di SMKN 1 Kepanjen

Program Asistensi Mengajar di SMKN 1 Kepanjen ini dimulai pada 19 Februari hingga 14 Juni mendatang dengan mahasiswa yang terdiri dari Muhammad Syiham A., Nur Mujahidin A.A., Savira Almas N.A., Lutfiah, Davit Yuril N., dan Yudo Dendy A.. Semuanya berasal dari jurusan Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.

“Di SMKN 1 Kepanjen, kami mengajar di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) serta Rekayasa Perangkat Lunak (RPL),” ujar Syiham.

website-Techno-Library.jpg

Tampilan website Techno Library untuk SMKN 1 Kepanjen. (FOTO: Tim Techno Library/TIMES Indonesia)

Mereka tidak hanya berperan dalam kegiatan akademik tetapi juga dalam adaptasi teknologi pembelajaran. Dengan menggunakan alat-alat seperti Google Form, Quizizz, YouTube, dan Crossword Game, mereka membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan administrasi sekolah.

Selain itu mereka juga mengembangkan website "Techno Library" sebuah katalog digital yang dirancang untuk meningkatkan minat baca dan literasi siswa.

Nur Mujahidin menjelaskan bahwa "Techno Library" adalah website yang berfungsi sebagai katalog digital untuk memudahkan siswa dalam menjelajahi koleksi buku perpustakaan. Buku-buku diorganisir berdasarkan kategori, genre, dan penulis, serta dilengkapi dengan fitur pencarian yang memudahkan siswa menemukan buku sesuai minat dan kebutuhan mereka.

“Desain website ini dibuat user-friendly untuk memastikan akses yang mudah dan efisien bagi seluruh siswa,” tambahnya.

Pengembangan "Techno Library" melalui beberapa tahap penting, mulai dari observasi kebutuhan perpustakaan, perencanaan desain, hingga implementasi dan uji coba. Mahasiswa UM bekerja sama dengan pihak perpustakaan untuk memastikan bahwa website ini benar-benar memenuhi kebutuhan sekolah dan dapat digunakan secara optimal oleh seluruh warga sekolah.

Keberhasilan "Techno Library" sebagai proyek inovatif merupakan bukti nyata komitmen para mahasiswa dalam meningkatkan literasi dan kualitas pendidikan di SMKN 1 Kepanjen. Pengalaman ini telah memberikan mereka wawasan yang berharga dan relasi yang baik dengan seluruh warga sekolah, menjadikan program ini sebagai langkah awal yang penting dalam karir mereka sebagai pendidik masa depan.

“Kami berharap bahwa program Asistensi Mengajar dan inovasi “Techno Library” yang kami kembangkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi dunia pendidikan” ujar Yudo kepada TIMES Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES