Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Dosen Unisma Malang Membuat Pembelajaran Lebih Interaktif dengan Gamifikasi

Rabu, 12 Juni 2024 - 12:11 | 9.14k
Tri Candra Wulandari, M.Pd, Dosen Unisma Malang melakukan pengabdian kepada guru-guru SMK Negeri 2 Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Tri Candra Wulandari, M.Pd, Dosen Unisma Malang melakukan pengabdian kepada guru-guru SMK Negeri 2 Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Kembali melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen Universitas Islam Malang, kali ini kegiatan bertajuk membuat desain pembelajaran berbasis Gamifikasi. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang, yaitu SMK Negeri 2 Malang.

Pada dasarnya kegiatan pengabdian ini merupakan kegiatan yang secara berkelanjutan yang dilakukan di SMKN 2 Malang sebagai bentuk hilirisasi hasil penelitian. Mengacu pada kegiatan sebelumnya, salah satunya adalah membuat e-modul kolaborasi, kali ini tim pengabdian yang diketuai oleh Ibu Tri Candra Wulandari, M.Pd mendampingi 30 guru di SMKN 2 Malang untuk membuat gamifikasi dengan memanfaatkan aplikasi Wordwall.

Kegiatan pendampingan ini dipandang perlu dilakukan, sebab siswa SMKN 2 Malang saat ini adalah generasi yang sangat dekat dengan teknologi, sehingga guru-guru perlu membuat inovasi pembelajaran, dan kegiatan evaluasi akademik yang juga memanfaatkan teknologi, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi wordwall, yang dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan evaluasi.

Melalui kegiatan pembuatan gamifikasi ini diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif, dan membuat siswa lebih semangat dalam belajar.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertema pendidikan ini didukung penuh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNISMA yang diketuai oleh Ibu Prof. Dr. Ir. Mahayu Woro Lestari, M.P., melalui program HI-ma tahun 2024.

Tri-Candra.jpg

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Saat dikonfirmasi, Tri Candra Wulandari, M.Pd, kegiatan pengabdian ini diperuntukkan kepada semua guru, sebab aplikasi yang dikenalkan dapat digunakan oleh semua matapelajaran, tergantung pada kreativitas guru, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas, Rabu (22/05/2024).

Masih menurut bu Can (sapaan akrabnya), kegiatan pengabdian masyarakat ini tidak hanya berhenti sampai pembuatan saja, tetapi hasil pembuatan gamifikasi ini dapat terapkan dalam kuis, ulangan harian, UTS dan UAS.

Kegiatan yang sudah dikoordinasikan mulai bulan Februari 2024 ini mendaat dukungan sepenuhnya dari Kepala SMK Negeri 2 Malang, yaitu Bapak Dr. Drs. Hari Mulyono, M.T, yang menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat mendukung peningkatan kualitas SDM guru-guru di SMK Negeri 2 Malang, dan manajemen sekolah sangat mendukung adanya kegiatan pengabdian seperti ini. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES