Indonesia Positif

Sebanyak 30 Orang di Sumba Timur Dapat Pembekalan Soal Ekonomi Kreatif Desa Wisata

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:40 | 13.94k
Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumba Timur Risparia Ranggambani saat memberikan sambutan kepada 30 peserta Bimtek.(FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)
Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumba Timur Risparia Ranggambani saat memberikan sambutan kepada 30 peserta Bimtek.(FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMBA TIMUR – Sebanyak 30 orang peserta mengikuti Bimbingan Tekhnis (Bimtek) pengembangan ekonomi kreatif Desa wisata 2024. Kegiatan tersebut diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur selama dua hari sejak 12 – 13 Jun 2024 di Padadita Beach Hotel Waingapu.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumba Timur Risparia Ranggambani mengatakan, ekonomi kreatif telah menjadi kekuatan utama menggerakkan inovasi, memperluas lapangan kerja serta memperkaya kehidupan dalam berekreasi dan ekspresi yang tak terbatas.

“Hari ini kita akan memperdalam pemahaman tentang ekonomi kreatif dan mengidentifikasi peluang-peluang baru dalam bidang ekonomi kreatif pariwisata,” katanya.

Adapun kata dia, materi Bimtek meliputi mekanisme event Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dan sektor ekonomi kreatif di Desa wisata, strategi pengelolaan ekonomi kreatif Desa wisata, pemanfaatan sumber daya lokal sebagai daya tarik wisata dan manajemen pemasaran Desa wisata.

Sedangkan narasumber kegiatan Bimtek Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, General Manager Desa Wisata Penglipuran Bali, Praktisi digital marketing dan Praktisi di bidang ekonomi kreatif.  

“Yah, kalau metode pelaksanaan Bimtek pengembangan ekonomi kreatif Desa wisata Sumba Timur dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan praktik,” tuturnya.

Risparia berharap, melalui kegiatan ini peserta dapat mengikuti dan mempelajari strategi-strategi pengembangan ekonomi kreatif Desa wisata juga berbagai pengalaman serta membangun jaringan yang kuat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di pulau Sumba khususnya di Kabuapten Sumba Timur.

“Saya harap Bimtek yang kita lakukan ini memberi inspirasi baru serta koneksi yang berharga bagi peserta yang tentunya hari ini kita berjalan menuju masa depan yang cerah,” ungkap Risparia Ranggambani.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES