Indonesia Positif

Rancang CCUS untuk EOR dan Produksi Biofuel, Delegasi UB Sabet Juara dalam PROTECT 2024

Kamis, 20 Juni 2024 - 19:03 | 14.81k
Delegasi UB yang berhasil meraih juara dalam ajang PROTECT 2024. (Foto: Istimewa)
Delegasi UB yang berhasil meraih juara dalam ajang PROTECT 2024. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANGMahasiswa Universitas Brawijaya (UB) kembali meraih pretasi dalam ajang internasional. Kali ini, 3 Mahasiswa dari Fakuktas Teknik (FT) UB, Aditya Bayu Pratama, Calya Rahmanata Deyasari Putri dan Meta Ayu Fitria Dewi, berhasil menempati posisi 2nd Runner-Up dalam Ajang Annual International Petroleum Integrated Event & Competition (PROTECT) 2024 yang diselenggarakan di Universitas Pertamina.

Dalam ajang tersebut, delegasi UB merancang sistem Carbon Capture, Utilization, and Storage (CCUS) dengan pemanfaatan blooming mikroalga (spirulina sp.) untuk enchanced oil recovery (EOR) dan produksi biofuel dengan kemurnian tinggi yang terintegrasi dengan cyber physical system.

Salah satu mahasiswa, Aditya Bayu Pratama mengatakan, saat ini smart CCUS sangat dibutuhkan, mengingat hampir di seluruh dunia, termasuk di Indonesia terus mengalami peningkatan emisi karbon. Sehingga sistem ini diharapkan dapat mengurangi limbah blooming mikroalga yang disebabkan oleh eutrofikasi lingkungan.

Tak hanya itu, dia ingin, smart CUSS ini bisa meningkatkan potensi pemanfaatan EBT di Indonesia, khususnya dalam sektor industri oil dan gas, serta minyak yang dihasilkan akan melalui proses pemurnian sehingga menciptakan kualitas produk yang lebih baik dengan kadar lebih tinggi.

“Kami berharap sistem yang telah kami rancang, dapat direalisasikan oleh Pemerintah melalui kerjasama stakeholder, karena dari segi teknologi maupun ekonomi bisnis, profit yang didapatkan cukup besar dengan keberlangsungan bisnis yang sustainable," ucapnya.

Aditya melanjutkan, sistem yang mereka rancang ini memiliki berbagai keunggulan. Salah satunya dari segi teknologi yang mereka gunakan. "Dari segi teknologi, keseluruhan operasi sistem dikontrol menggunakan cyber physical system, sehingga tidak membutuhkan sinyal yang stabil untuk mengaksesnya,” imbuhnya.

Petroleum Integrated Event merupakan event energi terbarukan yang menyediakan berbagai macam kompetisi yang berhubungan langsung dengan penerapan lapangan seperti business case, drilling fluid design, petroleum study case, dan banyak lagi. Kompetisi yang diikuti UB ini diselenggarakan dalam event terintegrasi bersama International Petrowell 2024 dan Well Integrity 2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES