Indonesia Positif

Pemanfaatan Odoo sebagai Platform Open Source dalam Pembelajaran

Selasa, 25 Juni 2024 - 12:27 | 5.96k

TIMESINDONESIA, MALANG – Pada era digital yang berkembang pesat, kemampuan beradaptasi dengan teknologi terkini menjadi kunci sukses di berbagai sektor, termasuk pendidikan tinggi. STIKI Malang, sebagai salah satu institusi terdepan dalam bidang informatika dan komputer, terus berupaya meningkatkan kualitas pengajaran dan relevansi kurikulum dengan perkembangan teknologi. Salah satu platform yang akan diterapkan dan diberikan dalam kurikulum adalah Odoo.

Odoo merupakan platform open source yang menyediakan manajemen bisnis terintegrasi yang mendukung Enterprise Resource Planning. Dalam workshop Odoo yang diikuti beberapa waktu lalu oleh dosen-dosen STIKI Malang, banyak dikenalkan mengenai fitur baru seperti integrasi dengan Whatsapp dan chatGPT atau open AI, PoS dll.

Melalui pelatihan ini, dosen-dosen juga berinteraksi dengan pelaku digitalisasi bisnis, implementasi ERP serta menjalin jejaring dengan peserta lain dan mitra industri. Platform Odoo saat ini dapat dimanfaatkan sebagai all-in-one business software untuk kebutuhan bisnis dan industri. Pengguna Odoo saat ini sudah mencapai 12 juta pengguna di seluruh dunia. 

Melihat peluang serta kebutuhan yang ada, hal ini menjadi alasan bagi Lab. Riset Sistem Informasi di STIKI Malang, untuk dapat mengadopsi perangkat lunak ini, sebagai bagian dari pembelajaran di program studi maupun kegiatan riset.

Adnan Zulkarnain, S.Kom., M.M.S.I, selaku koordinator lab riset  pengembangan sistem, menyampaikan bahwa mengenalkan, mempelajari serta menguasai platform Odoo menjadi hal yang   perlu ditawarkan kepada mahasiswa, sebagai salah satu solusi integrasi bisnis bagi dunia usaha. Hal ini kedepan akan terus diupayakan oleh lab riset untuk melakukan berbagai workshop, serta diskusi ilmiah, sehingga banyak mahasiswa dapat memanfaatkan platform ini, serta memperoleh sertifikasi dari Odoo. 

Pengembangan kompetensi dosen menjadi bagian yang tidak terpisah dalam peningkatan kualitas pembelajaran di program studi khususnya di STIKI. Selain itu kewajiban setiap dosen memiliki sertifikasi internasional, membuat suasana pembelajaran menjadi berbeda, karena mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori tetapi juga sekaligus praktek langsung hingga mendapatkan sertifikasi internasional.

Hal ini menjadi sangat penting dan menjadi bekal untuk meniti karir profesional setelah lulus. Selain itu, dibawah unit Project TIK dan Multimedia, setiap mahasiswa memperoleh kesempatan untuk terlibat dalam tim proyek dengan kasus yang riil. Pengalaman ini menjadi portofolio bagus bagi mahasiswa yang tercatat dalam Surat Pendamping Ijazah (SPI).

Pada era disrupsi serta teknologi yang begitu pesat, kuliah saja tidak cukup. STIKI selalu dapat menjadi solusi untuk bukan hanya kuliah tetapi juga mengasah keterampilan praktis melalui berbagai model pembelajaran. 

Sebagai perguruan tinggi yang memiliki fokus pada bidang teknologi, STIKI Malang membuka kesempatan bagi generasi muda untuk bersama-sama bergabung mengembangkan kompetensi, dan kreativitas yang sesuai akan kebutuhan masa depan. STIKI Malang memiliki komitmen untuk menyiapkan lulusan yang mampu dan siap berkompetisi di era globalisasi. STIKI Malang membuka penerimaan mahasiswa baru T.A. 2024/2025, daftar sekarang di pmb.stiki.ac.id (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES