Indonesia Positif

Unit Kegiatan Kemahasiswaan sebagai Tempat Pengembangan Kompetensi dan Softskill Mahasiswa

Jumat, 28 Juni 2024 - 13:50 | 7.44k

TIMESINDONESIA, MALANG – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan tempat pengembangan kompetensi dan softskill mahasiswa dalam berorganisasi dan bekerja teamwork. Melalui UKM, mahasiswa diasah tidak saja kemampuan teknis yang relevan dengan bidang program studi, tetapi juga memperkuat softskill seperti komunikasi, kepemimpinan, kerjasama tim, dan manajemen waktu.

Pengalaman yang didapatkan melalui kegiatan UKM akan mendorong mahasiswa untuk berpikir kreatif, berinovasi, dan beradaptasi dengan berbagai situasi. Selain itu, keterlibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan, akan memperluas jaringan sosial dan profesional mahasiswa, serta memberikan manfaat dan bekal setelah mereka menyelesaikan studi.

STIKI Malang telah memiliki program pembinaan kompetensi, keilmuan serta peminatan mahasiswa yang dikemas melalui berbagai program, sejak tahun pertama kuliah hingga masa studi berakhir. UKM di STIKI Malang, merupakan salah satu tempat pembinaan bagi mahasiswa, yang telah memperoleh berbagai prestasi akademik maupun non akademik pada level lokal, nasional dan internasional. UKM yang dimiliki STIKI saat ini antara lain BYTE (Basketball Society Team), HIC (Hardware Interactive Club), SCEN (STIKI Computer Network), KOMPENI (Komunitas Pecinta Seni), SFC (STIKI Futsal Club), KEPAK ELANG (Komunitas Pecinta Alam), Ikatan Studi Islam (ISI), dan Ikatan Mahasiswa Kristen - Katolik (IMAKRISKA). UKM yang ada, disediakan sesuai dengan bidang minat mahasiswa untuk mengembangkan diri. Selain UKM, ada juga kelompok peminatan lain seperti Paduan Suara Mahasiswa, Taekwondo, Pencak Silat dll.

Sebagai contoh, kegiatan sosial yang dilakukan oleh UKM Ikatan Studi Islam (ISI) pada tanggal 29 Juni 2024 yaitu Donor Darah yang bisa diikuti oleh sivitas maupun masyarakat umum. Melalui kegiatan ini, mahasiswa dilatih untuk memiliki empati dan tanggung jawab sosial. Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat hubungan antara mahasiswa, staf pengajar, dan masyarakat luas, menciptakan lingkungan kampus yang peduli dan saling mendukung.

UKM memainkan peran krusial dalam pengembangan kompetensi dan softskill mahasiswa, menjadikannya tempat belajar yang menarik dan interaktif bagi mahasiswa dalam menghadapi tantangan global. Melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan, mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan praktis, tetapi juga keterampilan interpersonal yang sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Sebagai perguruan tinggi yang memiliki fokus pada bidang teknologi, STIKI Malang membuka kesempatan bagi generasi muda untuk bersama-sama bergabung mengembangkan kompetensi, dan kreativitas yang sesuai akan kebutuhan masa depan. STIKI Malang memiliki komitmen untuk menyiapkan lulusan yang mampu dan siap berkompetisi di era globalisasi. STIKI Malang membuka penerimaan mahasiswa baru T.A. 2024/2025, daftar sekarang di pmb.stiki.ac.id (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES