Indonesia Positif

Dosen UNIPMA dan Praktisi Sukseskan Kelas Kolaboratif Mata Kuliah Anatomi dan Fisiologi Hewan

Rabu, 03 Juli 2024 - 10:27 | 7.12k
Presentasi sistem reproduksi hewan jantan. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Presentasi sistem reproduksi hewan jantan. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Salah satu implementasi dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah program Praktisi Mengajar. Kegiatan ini melibatkan dosen, mahasiswa dan praktisi dalam mempelajari materi sesuai dengan mata kuliah. Praktisi akan memberikan pengalaman secaranya nyata implementasi konsep materi dengan praktik keprofesiannya. Program ini merupakan strategi Kemdikbudristek dalam menjembatani kebutuhan dunia industri dan pembelajaran di kampus. 

Salah satu kelas kolaborasi di Prodi Pendidikan Biologi UNIPMA Madiun (Universitas PGRI Madiun) adalah kelas mata kuliah Anatomi dan Fisiologi Hewan. Mata kuliah ini diampu oleh Dosen Dr. Wachidatul Linda Yuhanna, M.Si. Praktisi yang terlibat adalah drh. Elok Setyorini, M.Vet, owner dari Moeza Petcare Kediri. 

Kelas-Kolaboratif-2.jpg

“Selama lima pertemuan, kami berkolaborasi dalam memberikan materi dan pengalaman nyata kepada mahasiswa,” tutur Dr. Linda.

 Perkuliahan dilaksanakan secara daring secara interaktif dengan metode Problem Based Learning (PBL).

drh. Elok memberikan materi terkait struktur sel, jaringan, organ dan sistem organ pada hewan. Kegiatan ini diawali dengan pembahasan rencana perkuliahan secara kolaboratif, penyusunan materi dan metode pembelajaran, implementasi di kelas, refleksi evaluasi dan penyusunan rencana tindak lanjut. Respons mahasiswa sangat positif, hal ini dibuktikan dengan motivasi belajar yang meningkat dan hasil belajar yang optimal. Mahasiswa sangat antusias dan tidak melewatkan materi dari praktisi.

Kelas-Kolaboratif-3.jpg

“Sangat senang dan berharap program ini ada di semua mata kuliah, karena perkuliahan menjadi seru dan banyak informasi dari praktisi yang kami peroleh,” ungkap Indah Khairunnisa, mahasiswa Pendidikan Biologi

Sinergi positif ini diharapkan terus berkelanjutan dalam berbagai aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi. Rencana ke depan, kegiatan akan dikembangkan menjadi kegiatan riset kolaboratif dan pengabdian masyarakat. 

“Saya siap menjadi mitra UNIPMA dalam berbagai kegiatan sesuai dengan bidang keilmuan saya, dan siap memfasilitasi mahasiswa yang ingin mempraktikkan perawatan hewan” tutup drh. Elok Setyorini, M.Vet. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES