Indonesia Positif

BBGP Jawa Timur Bersama Dosen UNIPMA Gelar Refleksi Perjalanan Sekolah Penggerak Angkatan 3

Rabu, 03 Juli 2024 - 10:54 | 4.52k
Fasilitator memandu review progres sekolah penggerak. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Fasilitator memandu review progres sekolah penggerak. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Program Sekolah Penggerak (PSP) merupakan salah satu strategi transformasi pendidikan menuju Indonesia Emas 2045. Melalui PSP, satuan pendidikan diberikan pendampingan implementasi kurikulum merdeka untuk pengembangkan potensi peserta didik. Sekolah Penggerak angkatan ke-3 memasuki babak baru di tahun kedua. Namun, sebelum memasuki tahun kedua, BBGP Jawa Timur bersama fasilitator sekolah penggerak menggelar kegiatan refleksi akhir tahun ajaran 2023-2024.

Sabtu, 29 Juni 2024 menjadi agenda penting untuk PSP angkatan 3 wilayah Jawa Timur untuk menyampaikan  capaian dan perjalanan sekolah penggerak angkatan 3 yang telah dilalui di tahun pertama. Sebagai contoh di tingkat sekolah dasar, 6 sekolah penggerak di Kabupaten Ngawi dan Kota Madiun melaksanakan refleksi secara interaktif. Kegiatan ini dilaksanakan oleh BBGP Jawa Timur dengan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan fasilitator sekolah penggerak. Salah satu fasilitator adalah Dr. Wachidatul Linda Yuhanna, M.Si dari UNIPMA Madiun.

perjalanan-sekolah.jpg

“Kegiatan ini berisi penyampaian materi dan review perjalanan sekolah penggerak dampingan yang meliputi progres, hambatan, tantangan, peta jalan, refleksi dan rencana prioritas di tahun kedua,” ungkap Dr. Linda, fasilitator. 

Banyak informasi dan praktik baik yang diperoleh dari 6 sekolah dampingan. Secara umum, banyak manfaat dan prestasi yang diperoleh peserta didik dan guru di masing-masing satuan pendidikan. Terdapat peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran. Tingkat motivasi dan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran juga meningkat. Praktik disiplin positif, kepemimpinan sekolah juga meningkat. 

penggerak-dampingan.jpg

“Selaian capaian, kami juga membahas tantangan dan skala prioritas yang akan kami fokuskan pada tahun kedua,” jelas Suharsi, Kepala SDN 03 Kanigoro, Kota Madiun. 

Sekolah berharap BBGP Jawa Timur, fasilitator, Dinas Pendidikan dan berbagai instansi terkait terus mendukung progres sekolah penggerak di tahun kedua. Semoga di tahun kedua semakin meningkatkan kualitas sekolah dan proses pengimbasan kepada sekolah lain dapat dioptimalkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES