Pos Indonesia Gelar PosAja UMKM Fest 2024 di Surabaya

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Mengenalkan produksi negeri sendiri melalui UMKM Fest, Pos Indonesia menggelar PosAja! UMKM Fest 2024 di Pos Bloc Surabaya, Jalan Kebon Rojo, Kota Surabaya, Rabu (17/7/2024).
Festival ini diikuti oleh 300 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Timur.
Advertisement
Berbagai kegiatan meramaikan pameran. Antara lain seperti bazar UMKM Jawa Timur, workshop UMKM dan menghadirkan sejumlah pemateri di bidangnya masing-masing.
Setiap pemateri menyampaikan presentasi selama 30 menit, diikuti sesi tanya jawab selama 20 menit.
Workshop mengangkat beragam tema tentang UMKM. Di antaranya tema Wajib Sertifikasi Halal, Pentingnya Digitalisasi UMKM, UMKM Kuat- Keuangan Sehat, Rahasia Memikat Investor, Strategi Sukses Jualan di e-Commerce, Fast Track UMKM Siap Ekspor dan Lebih Cuan Jualan Pakai Live Commerce.
Acara dibuka oleh Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi diwakili oleh Direktur Business Kurir dan Logistik Tonggo Marbun.
Kemudian Direktur Business Development and Portfolio Management Prasabri Pesti, Director of Business Partnership Shopee Indonesia Daniel Minardi dan Pimpinan BNI 46 Cabang Surabaya Kurnia Andi Wijaya.
“Acara ini diikuti sekitar 300 pelaku UMKM dari seluruh Provinsi Jawa Timur. Acara ini bertujuan untuk membantu promosi produk UMKM yang ada di Jawa Timur,” kata Faizal.
Acara PosAja! UMKM Fest dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 20.30 malam. Hadir pada acara tersebut Deputi Bidang UKM Temmy Setya Permana mewakili Menteri Koperasi dan UKM, Asisten Dua Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Ir. Joko Irianto, M.Si mewakili Gubernur Provinsi Jawa Timur dan yang mewakili Wali Kota Surabaya adalah Asisten Dua Wali Kota Surabaya, Agus Son Haji.
Menurut dia, kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Pos Indonesia memajukan UMKM di Indonesia.
UMKM memiliki peran besar dalam pembangunan ekonomi. Disamping itu memiliki keunggulan seperti biaya rendah, fokus yang spesifik, kemampuan berinovasi cepat, dan fleksibilitas tinggi.
“UMKM juga berperan besar dalam penyerapan tenaga kerja, di mana 99 persen kegiatan bisnis di Indonesia dilakukan oleh UMKM,” kata Deputi Bidang UKM Temmy Setya Permana.
Sedangkan dalam acara ini juga digelar peluncuran PosAja UMKM dan UMKM Centre di Pos Block Surabaya.
Director of Business Partnership Shopee Indonesia Daniel Minardi mengulas tentang perkembangan digital dan strategi penjualan di Shopee, Shopee hadir bagi UMKM, dan kiat sukses berjualan di Shopee.
“Salah satu tips sukses berjualan online di Shopee di antaranya membuat deskripsi produk yang lengkap dan sesuai. Ini akan mendorong produk Anda mudah dicari di marketing,” jelasnya.
Daniel dalam pemaparannya pun menyampaikan bahwa di Shopee, para UMKM juga berkesempatan untuk menjual produknya hingga ke mancanegara melalui Program Ekspor Shopee.
"Shopee berkomitmen untuk menjadi teman dalam setiap perjalanan UMKM di Indonesia. Kami mendukung perkembangan teman-teman UMKM untuk berkembang melalui berbagai program pendukung kita, salah satunya adalah Program Ekspor Shopee," terangnya.
Program ekspor Shopee membawa penjualan produk hingga ke Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin
Sementara itu, Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Tonggo Marbun mengatakan, festival ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM dan masyarakat umum mengenai kebijakan pemerintah terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.
Pos Indonesia telah lama melibatkan UMKM dalam berbagai kegiatan usaha. Salah satunya pada program PosAja melibatkan ribuan mitra menjadi Agen Pos, O-Ranger, dan Drop Point.
Produk yang dipamerkan dalam festival ini sebagian besar berupa makanan dan minuman, fashion, kerajinan, dan aksesoris.
Dengan adanya berbagai macam workshop, gerakan cinta produk lokal, dan edukasi mengenai entrepreneurship, diharapkan UMKM dapat meningkatkan kapasitas usahanya dan memperkuat perekonomian daerah. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Dhina Chahyanti |
Publisher | : Sholihin Nur |