Kesehatan

Ternyata Berlibur di Pantai Menyehatkan

Minggu, 01 Januari 2017 - 14:17 | 86.15k
Pantai Sendiki Malang (Foto: TIMES Indonesia)
Pantai Sendiki Malang (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pantai menjadi destinasi wisata yang paling digemari. Selain memiliki pemandangan cantik, di pantai juga bisa bermain pasir air bahkan memancing. 

Tapi tahukah Anda, bahwa belibur di pantai baik untuk kesehatan? 

Advertisement

Direktur Medis RS Maitland dan RS Kurri Kurri dr Sergio Diez Alvarez dalam The Conversation mengatakan setidak ada lima manfaat dari bermain di pantai. Ini ulasannya: 

1. Bagus untuk penyakit kulit

Air laut secara komposisi mengandung mineral seperti sulfur, magnesium, kalsium, klorida, sodium, dan masih banyak lagi. Karena berbagai kandungan tersebut sejak dulu berenang di air laut dianjurkan untuk mereka yang memiliki kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.

Pantai-Sendiki-BftOjQ.jpg

"Berendam di air yang kaya akan mineral, termasuk pemandian air panas, disebut balneotherapy dan sudah sejak dulu digunakan untuk mengobati psoriasis. Ada juga bukti ilmiah untuk climatotherapy di mana pasien dipindahkan ke lokasi tertentu seperti Laut Mati yang efektif untuk mengobatinya," tutur dr Sergio.

2. Punya sifat antiseptik

Karena air laut kaya akan mineral garam seperti sodium dan iodine, berenang di laut bisa dianggap sebagai bentuk antiseptik. Hanya saja ahli mengatakan harap berhati-hati karena ada berbagai faktor yang bisa memengaruhi.

Pantai-Sendiki-CnCp60.jpg

Di dalam air laut bisa terdapat juga bakteri sehingga apabila seseorang berenang dengan luka terbuka maka bisa jadi jalan masuk untuk infeksi. Hal ini terutama berlaku di tempat di mana banyak terdapat aktivitas manusianya.

"Tempat di mana seseorang ini berenang sangat penting. Ada beberapa daerah yang bisa terdapat banyak bakterinya secara natural atau juga karena aktivitas manusia," komentar ahli penyakit infeksi dan penyakit infeksi tropis Profesor Bart Currie.

Air di dekat muara, batu karang, tambang, saluran air, dan tambak adalah tempat yang menurut Prof Bart biasanya banyak bakteri.

3. Hilangkan stres

Adalah penelitian dari Michigan State University yang melihat kaitan antara topografi dengan tingkat stres seseorang. Salah satu peneliti Amber L. Pearson mengatakan lingkungan dengan banyak pemandangan air seperti laut bisa menekan stres karena warna birunya yang alami.

Pantai-Sendiki-DUgY6T.jpg

"Peningkatan pemandangan ruang biru secara signifikan berkaitan dengan tingkat tekanan psikologis yang lebih rendah. Akan tetapi, kami tak menemukan hal yang sama pada area ruang hijau," kata Pearson.

4. Redakan pilek

Hidung tersumbat yang disebabkan oleh pilek menurut dr Sergio dapat dibantu dengan air laut. Alasannya karena air garam diduga bisa memiliki efek meredakan peradanan pada dinding sinus meski belum cukup bukti kuat.

Pantai-Sendiki-EZMNWe.jpg

Hanya saja faktanya memang bahwa cairan garam kerap dipakai untuk membersihkan hidung karena mirip dengan cairan yang diproduksi tubuh manusia. Dengan demikian ketika masuk ke hidung cairan tidak mengiritasi sinus.

5. Tingkatkan imunitas

Dijelaskan sebelumnya menikmati pemandangan laut bisa mengurangi stres dan dari poin ini saja imunitas tubuh kita akan jadi lebih baik. Namun selain itu dr Sergio menyebut juga bahwa bila seseorang berenang di air yang dingin studi membuktikan imunitas akan meningkat.

Pantai-Sendiki-FRg7t9.jpg

Air laut yang dingin dapat memicu reseptor di bawah kulit untuk melepas hormon seperti endorfin, adrenalin, dan kortisol. Hormon tersebut dalam tingkat tertentu dapat memberikan efek terapi.

Jadi, berliburlah ke pantai! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES