Kesehatan

Plant Based Masih Menjadi Tren Diet Sehat di Tahun 2022

Kamis, 30 Desember 2021 - 23:22 | 122.86k
Ilustrasi diet sehat. (Foto: Getty Images/iStockphoto/gpointstudio)
Ilustrasi diet sehat. (Foto: Getty Images/iStockphoto/gpointstudio)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pola hidup sehat telah menjadi gaya hidup pada saat ini. Diet menjadi salah satu cara membuat pola hidup menjadi sehat. Saat ini, banyak masyarakat yang melakukan diet berfokus untuk meningkatkan imunitas tubuh di tahun 2021 ini mengingat pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia sejak 2 tahun lalu.

“Tahun ini sangat erat dengan diet yang kaitannya dengan kondisi pandemi ya. Misalnya diet untuk meningkatkan imunitas tubuh, diet untuk lebih bugar dan diet-diet sejenisnya,“ ucap ahli gizi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM dikutip dari Antara, Rabu (29/12/2021).

Menurut Fitri, seiring meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pola hidup yang sehat, kini mengonsumsi makanan berbasis tumbuh-tumbuhan atau plant based juga menjadi tren.

“Banyak yang mulai menerapkan diet yang dianggap lebih sehat dari kebiasaan makan sebelumnya yaitu diet plant based baik bahan makanan yang menjadi dasar makanan yang dikonsumsi, juga bahan olahannya dan sudah mulai banyak yang menerapkan,“ ujar Fitri.

Fitri menjelaskan, tren makanan plant based ini pun masih akan banyak diterapkan di tahun 2022 mendatang.

“Kemungkinan akan lebih banyak lagi yang menerapkan di tahun depan dan juga akan banyak variasi jenis makanan yang dikembangkan,“ jelasnya.

Fitri mengatakan, karena masih dalam masa Pandemi Covid-19 yang belum usai, tren diet akan berfokus pada peningkatan kekebalan tubuh dan mengonsumsi makanan sehat dibandingkan dengan diet yang berfokus untuk menurunkan berat badan.

“Pada tahun 2022, tren diet yang mungkin akan terus diterapkan adalah terkait dengan imunitas karena kondisi masih tetap concern masyarakat adalah menjaga kekebalan tubuh dan juga konsumsi makanan sehat dengan meningkatkan konsumsi sayur, buah, dan membatasi gula, garam serta lemak,“ kata Fitri.

Hal senada disampaikan ahli gizi di Rumah Sakit Siloam, Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK yang mengungkapkan tren diet yang terjadi di masyarakat saat ini sudah tidak berfokus pada penurunan berat badan.

“Sehingga menurut saya nanti di 2022 fokusnya semua orang akan melakukan diet secara sehat dan benar ya dengan bimbingan dokter,“ pungkas Inge. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES